Monday, 6 May 2024
HomeBerita4 fakta Pembangunan Jembatan Batam-Bintan

4 fakta Pembangunan Jembatan Batam-Bintan

Bogordaily.net – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berencana membangun jembatan yang menghubungkan Kota Batam dan , Kepulauan Riau.

Ada 4 fakta terkait pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Batan dan yakni :

1. Jembatan Terpanjang di Indonesia
Jembatan yang akan dibangun Kementerian PUPR mempunyai panjang 7 KM dan akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

ke Tanjung Sauh sekitar 2.000 meter dan Tanjung Sauh ke Bintan 5.000 meter, jadi total panjangnya sekitar 7.000 meter,” ucap Direktur Pembangunan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Yudha Handita Pandjiriawan dalam keterangan tertulis pada Sabtu 24 April 2021.

2. Sudah Direncanakan Sejak 2005
Diketahui bahwa desain awal untuk pembangunan jembatan Kota Batam – Bintan telah dirancang pada tahun 2005. Lalu di tahun 2010 diperbaharui kembali, tetapi jembatan dengan standar jalan tol ini akan dikenakan tarif.
Dalam situs Pemprov Kepulaian Riau (Kepri) rencana untuk pembangunan Jembatan Kota Batan -Bintan diutarakan Jokowi sejak April 2019, namun karena proyek pembangunan ini masuk dalam Major Project RPJMN 2020-2024 maka baru terealisasikan.

3. Kerja Sama dengan pihak Swasta
Dalam pembangunan jembatan Kota Batan – Bintan, Kementerian PUPR akan melakukan Kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) karena dirasa memiliki keunggulan dibandingkan dengan menggunakan dana APBN.
Selain itu ada investor asal Singapura yang berminat pada proyek pembangunan ini. Namun pemerintah tetap akan memberikan sumbangsih finansial untuk proyek ini sebesar 30%.

“Dalam evaluasi yang dilakukan oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur, tidak bisa totalitas dibiayai oleh KPBU, tetapi harus ada porsi dibantu oleh Pemerintah. Porsi Pemerintah sekitar 30%,” terangnya.

4. Terdapat dua jembatan

Proyek pembangunan ini merupakan jembatan khusus yang mana terdiri dari dua jembatan yang menghubungkan antara Batam- Tanjung Sauh dan Tanjung Sauh-Bintan.

Skema kerja sama yaitu pemerintah akan membiayai pembangunan -Tanjung Sauh, sementara jembatan menuju Bintan akan dibangun oleh investor melalu proses lelang.

Pembangunan jembatan tersebut rencananya akan dimulai pada tahun ini dan dengan menggunakan desain yang telah diperbaharui pada tahun 2010. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here