Friday, 10 May 2024
HomeBeritaLetak Torpedo KRI Nangala 402 Ditemukan Oleh ROV Singapura

Letak Torpedo KRI Nangala 402 Ditemukan Oleh ROV Singapura

Bogordaily.net – Evakuasi KRI Nanggata 402 yang tenggelam di perairan Bali terus dilakukan oleh TNI AL, saat ini telah ditemukan torpedo milik Nanggala.

Update yang terbaru kita sudah menemukan, mengangkat pakai ROV itu hidrophone KRI Nanggala, dan beberapa foto yang diambil, ditemukan torpedonya juga,” ucap Asrena KSAL Laksamana Muda TNI, Muhammad Ali, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dilansir dari Detikcompada  Selasa 27 April 2021.

Evakuasi KRI Nanggala 402 terus dilakukan dengan bantuan kapal dari negara Singapura Swift Rescue, untuk proses pengangkatan.

Namun Ali mengatakan, ROV hanya mampu untuk angkat beban dengan berat maksimal 150 Kilogram, sehingga sebisa mungkin untuk mengangkat bagian-bagian kecilnya saja.

“Itu nanti akan diupdate terus dan sebisa mungkin kita akan angkat bagian-bagian kecil karena kemampuan dari ROV itu 150 Kg. Tapi nanti kita koordinasikan lagi,” tutur Ali.

Diektahui, Nanggala 402 milik TNI Angkatan Laut hilang kontak di perairan Bali, saat melakukan latihan pada Rabu 21 April 2021.

Berdasarkan keterangan TNI AL, dalam kapal selam tersebut terdapat 53 awak yang terdiri atas 49 anak buah kapal, 1 komandan satuan, 3 personel arsenal dan Letkol Laut (P) Geri Octavian yang mengoperasikan kapal tersebut.

Saat ini diduga kapal selam ada di kedalaman 850 meter, yang mana melebihi kemampuan kapal yang maksimal kedalaman penyelamannya 500 meter.

Pada Sabtu 24 April 2021, telah ditemukan serpihan-serpihan yang di duga berasal dari KRI Nanggala 402 yang terapung di perairan bali.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengatakan, serpihan-serpihan yang ditemukan terapung di perairan Bali itu yang diyakini sebagai komponen kapal selam.

Serpihan tersebut diantaranya, pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, botol berwarna oranye yang berfungsi untuk pelumasan naik turun kapal selam, alas yang dipakai ABK, serta spons.

“Ditemukan beberapa kepingan dan barang di sekitar lokasi terakhir kapal menyelam, yang diyakini bagian komponen kapal selam” ujar Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here