Friday, 26 April 2024
HomeBeritaNgabuburit Anti Mainstream, Berkuda di Kampung Loji

Ngabuburit Anti Mainstream, Berkuda di Kampung Loji

Bogordaily.net – Bulan Ramadhan tidak bikin diam diri dan bermalas-malasan di rumah, seperti yang dilakukan warga di Kampung Loji tengah asyik ngabuburit anti mainstream dengan .

Badru Sapta pria kelahiran 1975 itu dikenal sebagai tukang kuda yang lihai, tidak hanya tangkas menunggang kuda, ia juga cekatan dalam merawat kuda-kudanya.

Disaat orang mengisi ngabuburit dengan cara tidur, melakukan kegiatan sosial, hingga berburu takjil sambil jalan-jalan sore, ia melatih hobinya dengan .

Sebagai pegiat olahraga , Badru memilih melakukan kegiatan anti mainstream ini untuk menunggu waktu berbuka, dengan menunggangi kuda miliknya sebari keliling di area 6000 meter.

Pemilik Gaza Stable sekaligus pegiat olahraga Badru Sapta mengatakan, pihaknya memang membuat jadwal khusus untuk ngabuburit bagi masyarakat, yang ingin menikmati wisata pada sore hari.

“Untuk warga sekitar memang kita tidak patok harga, tapi kalau untuk warga luar Sukamakmur tarifnya Rp 50 ribu setelah ashar, sampai jelang berbuka puasa,” ungkapnya saat ditemui Iwan Alqodrie youtuber Bogor, pada Sabtu 17 April 2021.

Helmi (14) salah satu anak yang ikut serta dalam ngabuburit anti mainstream tersebut, ia sudah mahir menunggangi kuda, dan tidak lagi dilatih.

Anti mainstream
di Kampung Loji. (Istimewa/Bogordaily.net)

Helmi mengaku sudah berlatih selama dua bulan, sebab itu ia tidak merasa takut ketika kuda yang ditungganginya berlari kencang.

“Awalnya takut, sekarang sih udah nggak karena udah latihan kurang lebih dua bulan lah,” ujarnya.

Lanjut Badru, menjelaskan bahwa adalah salah satu olahraga yang tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan namun juga bernilai pahala.

“Karena adalah salah satu sunnah Rasul, dimana Beliau bersabda untuk mengajarkan memanah, berenang dan , dan di hadist dikatakan bahwa di ubun ubun kuda terikat kebaikan dan keberkahan sampai hari kiamat,” pungkasnya.

Jika ingin ngabuburit yang anti mainstream seperti Badru, bisa datang langsung di lapangan latihan berkuda di Kampung Loji, Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, kegiatan ini terbuka untuk umum dan akan selalu ada setiap harinya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here