Friday, 26 April 2024
HomeBeritaNgamuk, Kelompok Kriminal Bersenjata Papua Bakar 3 Sekolah, Satu Guru Tewas

Ngamuk, Kelompok Kriminal Bersenjata Papua Bakar 3 Sekolah, Satu Guru Tewas

Bogordaily.net – () membakar tiga sekolah yaitu SD,SMP dan SMA di Distrik Boega, Kabupaten Puncak, pada Kamis, 8 April 2021 sore.

Pada pagi hari sebelum pembakaran, menembak mati seorang guru SD bernama Oktovianus Rayo berusia 42 tahun di rumahnya di Beoga. Ia meninggal di tempat setelah terkena dua tembakan di tubuhnya dari anggota .

Pembakaran dan penembakan dilakukan Nau Waker dan anggotanya setelah diburu pasukan gabungan TNI-Polri dalam Operasi Nemangkawi di Intan Jaya.

Dalam kererangan tertulis Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudussy mengatakan saat ini TNI-Polri terus bergerak untuk mengejar KKB.

“TNI-Polri akan terus bergerak, segera mungkin untuk mengejar KKB. Di mana TNI-Polri telah berhasil kuasai wilayah Waker di Intan Jaya kemarin,” katanya dalam keterangan tertulis kepada Detik.com, Kamis 8 April 2021.

Kombes Pol M Iqbal menduga jika saat ini Nau Waker Beserta kelompoknya sedang menuju ke Ilaga, beberapa kelompok yang pergi kedaerah Beoga diduga karena terdesak oleh TNI-Polri.

Tak hanya membakar tiga sekolah serta membunuh seorang guru, KKB Nau juga melakukan pemerasan kepada warga distrik Beoga.

(KKB) adalah sebutan dari penegak hukum Indonesia untuk kelompok militan yang mengklaim bahwa mereka adalah Tentara Pembebasan Nasional Barat-Organisasi Merdeka (TPNPB-OPM).

Namun, salah seorang masyarakat , Michael Menufandu, berpendapat jika ada perbedaan antara KKB dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB).

Perbedaan tersebut dilansir dari wartakota ada dalam penyebutan istilah dari pihak polisi dan TNI, polisi menyebutnya dengan KKB, istilah yang membuat kelompok tersebut dianggap sebagai kriminal.
Sedangkan TNI menyebutnya Kelompok Separatis Bersenjata yang berarti harus dihadapi dengan cara militer secara langsung.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here