Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorKabupaten Bogor Kehilangan 40 Persen PAD Pasca Pemekaran Bogor Timur

Kabupaten Bogor Kehilangan 40 Persen PAD Pasca Pemekaran Bogor Timur

Bogordaily – Diperkirakan 40 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) hilang, pasca .

“Bogor Timur ini kalau bicara adalah penyumbang PAD terbesar, hampir 50 persen PAD itu berasal dari timur, sekitar 40 persen kalau dirupiahkan menurut database terakhir 500 miliar lebih,” kata Sekjen Presidium Bogor Timur, Alex Slamet Riadi.

Meski demikian, pengajuan kini tengah diambang final, karena sudah dalam bangku Provinsi Jawa Barat untuk kemudian diajukan ke pusat dan menunggu pencabutan moratorium oleh Presiden.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terancam kehilangan pemberi PAD terbesar jika kalau Bogor Timur sudah dicabut moratoriumnya oleh presiden.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) , Suryanto Putra menyampaikan, persiapan Bogor timur sudah sangat matang untuk dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Pada prinsipnya semua sudah terpenuhi dari sisi persyaratannya, persetujuan dari seluruh kepala desa juga spudah, perhitungan peta potensi, pendapatan potensi, SDM-nya, hibah dan segala macamnya kan sudah (matang),” kata Suryanto kepada wartawan, Jumat 16 April 2021.

Kemudian Suryanto mengaku, Bogor Timur merupakan wilayah yang memberikan PAD yang besar bagi , pihaknya tidak bisa melarang jika masyarakat Bogor timur ingin melakukan pemekaran.

“Itu termasuk gede di Bogor timur, tapi dengan begitu, kita tinggal berkurang yang kita urus. Kalau hilang Bogor timur kita harus coba mencari kembali potensi-potensi (PAD),” terangnya.

Sebagai tambahan, saat ini sedang dalam pengesahan di tingkat provinsi Jawa Barat yang akan ditandatangani oleh DPRD Provinsi dan Gubernur Jawa Barat di rapat paripurna, Jumat 16 April 2021.

Dalam pemekaran Wilayah Bogor timur ini, setidaknya ada 7 kecamatan dan 75 desa yang akan menjadi bagian Timur nantinya, dan Kecamatan Jonggol sebagai ibukota nya.***

Caption : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) , Suryanto Putra. (Ibnu Galansa Montazerry/Bogordaily.net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here