Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorJelang Ramadan, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah

Jelang Ramadan, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah

Bogordaily.net – Jelang Bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI melakukan Gelar (GPM).

Upaya stabilitasi harga pangan ini perlu dilakukan, agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau, atau lebih murah dibanding harga pasaran.

Melalui GPM ini petani tetap memperoleh keuntungan, pedagang juga tetap memperoleh marjin keuntungan yang wajar, dan masyarakat memperoleh harga pangan yang terjangkau.

Lokasi gelar di Kabupaten Bogor berada di 6 titik dan di lakukan selama tiga hari dari tanggal 10, 11 dan 12 April 2021.

Oleh karena itu, GPM langkah awal mengendalikan harga pangan di tingkat konsumen, Cabe Rawit Merah atau Cabe Jablay yang saat ini berkisar Rp 90 ribu turun 281,25 persen menjadi Rp 32 ribu.

Pada Sabtu tanggal 10 April 2021, lokasi gelar berada di dua tempat, yakni Kantor Kelurahan Pakan Sari, Jalan Tegar Beriman, Kampung Curug, RT01/RW04, dan Kelurahan Pakan Sari, Kabupaten Bogor.

Kemudian tempat selanjutnya berada di Perumahan Puri l Cikaret (Halaman Mesjid Al Ridwan), serta Kelurahan Pabuaran, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya pada Minggu tanggal 11 April 2021, gelar berada di tiga titik, yakni SMP PGRI Karadenan, Jalan Raya Pemda Simpang Tiga Karadenan, RT02/RW04, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kemudian di Kantor Kelurahan Ciriung, Jalan Mayor Oking Jaya Atmaja No.77, Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor. Lalu Kantor Kecamatan Citeureup, Karang Asem, Kabupaten Bogor.

Kemudian titik terakhir pada Senin tanggal 12 April 2021, berada di Kantor Kecamatan Bojong Gede, Jalan Raya Bojong Gede, No 316, Bojong Gede, Kecamatan Bojong Gede.

Dalam kegiatan Gelar (GPM), perbandingan harga komoditas dengan harga pasar.

Seperti harga beras di pasar berkisar Rp 10.5 ribu per kg, di GPM harga beras hanya Rp 8.8 ribu per kg. Bawang merah di pasar Rp 36 ribu per kg, di GPM hanya Rp 25 ribu per kg. Bawang putih di pasar Rp 34 ribu, di GPM hanya berkisar Rp 20 ribu.

Lalu harga cabai merah keriting di pasar Rp 50 ribu per kg, di GPM hanya Rp 45 ribu per kg.

Daging ayam di pasar berkisar Rp 37 per kg, sedangkan di GPM hanya Rp 31 ribu per kg.

Selanjutnya harga telur di pasar berkisar Rp 21.5 ribu per kg, sedangkan di GPM hanya Rp 20 ribu.

Lalu harga minyak goreng di pasar berkisar Rp 12.000 ribu per pack, sedangan di GPM hanya Rp 11.500 ribu per pack. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here