Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorPeringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kota Bogor Lakukan Simulasi Bencana

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kota Bogor Lakukan Simulasi Bencana

Bogordaily.net – Memperingati Hari , mengelar . Kegiatan diawali dengan membunyikan kentongan serta sirine tepat pada pukul 10:00 WIB, selama 30 detik.

Kepala Pelaksana , Theofilo Patrocinio menyampaikan pada 26 April 2021, merupakan Hari yang diperingati serentak di seluruh Indonesia. simulasi ini akan dilakukan oleh semua unsur Kepala Dinas, Camat, Lurah.

“Tujua simulasi ini adalah untuk memberi peringatan kepada masyarakat, bahwa ada kejadian bencana dan harus melakukan evakuasi,” ujar Kepala Pelaksana , Theofilo Patrocinio, saat ditemui Bogordaily.net di Kantornya, Senin 26 April 2021.

Selain di , simulasi di kantor dinas, kecamatan serta kelurahan, dengan cara menyalakan serine atau membunyikan ketongan.

“Tadi ada yang melakukan simulasi gempa, simulasi kebakaran dan ada yang melakukan simulasi banjir,” katanya.

Kemudian, Theo menjelaskan, untuk jenis bencana simulasi, akan dilakukan di masing-masing tempat domisili.

Sebagai contoh di Kota Bogor yang sering terjadi bencana, ia melakukan simulasi  seperti bencana angin puting beliung, dan kebakaran.

Harapan Theo, dengan adanya simulasi bencana supaya semua masyarakat, baik yang di rumah, yang di kantor dan dimanapun berada, bisa melakukan latihan dan melakukan evakuasi sendiri, sehingga agar terbiasa bila ada kejadian bencana.

“Kita bisa siap dan tangguh menghadapi bencana,” ucapnya.
Lalu Theo menuturkan, apapun situasi bencananya, masyarakat sudah siap dalam posisi saat adanya tanda kentongan atau sirine.

Theo menjelaskan, Hari ini merupakan untuk edukasi, agar semua orang bisa dan terbiasa kalau ada bencana.

Hari ini di Kantor BPBD Kota Bogor dilakukannya simulasi penanganan gempa, karena gedung BPBD Kota Bogor berlantai 2, jadi evakuasi gedung tinggi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here