Pilih Kurma yang Cocok Sebagai Pembuka Puasa Ramadan, Berikut 6 Jenis Andalan

  • Whatsapp

Bogordaily.net – Puasa Bulan Suci Ramadan identik dengan menu yang cocok sebagai pembuka buah Kurma di sebagian masyarakat dan memang disunahkan Rasullullah Muhammad SAW.

Namun, Buah kurma di dunia banyak sekali jenisnya namun sebagian masyarakat belum tahu dan menenal jenis – jenis dari buah ini yang cocok jadi pembuka puasa.

Berikut 6 jenis kurma yang sering jadi andalan saat berbuka puasa :

1. Barhi

kurma Barhi atau biasa juga ditulis Barhee jenis kurma yang sangat populer di Timur Tengah, memiliki warna yang kuning serta daging yang tebal, lembut dan rasa yang manis seperti sirup.

2. Khadrawi

Jenis kurma khadrawi mempunyai warna merah keemasan, kurma ini cocok untuk yang kurang menyukai makanan yang rasanya manis.

Baca Juga  KABAR BAIK! PT KAI Bolehkan Berbuka Puasa di Dalam KRL, Berikut Syaratnya

Tekstur dari Kurma Khadrawi adalah liat, sedikit kenyal dengan sedikit aroma karamel, memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

3. Kurma Medjool

Kurma Medjool mempunyai warna yang coklat kemerahan, biasanya berukuran besar serta terkenal mahal dan didistribusikan secara luas ke seluruh dunia.

Memiliki tekstur yang lembut, berserat dan agak basah serta memiliki rasa manis seperti karamel.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA) , kurma jenis ini memiliki bergizi yang tinggi dan kaya akan energi, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium.

4. Zahidi

Kurma satu ini berbeda dari jenis kurma lainnya, biasa digunakan untuk produk gula kurma atau ekstrak.

Mempunyai kulit bertekstur licin, berwarna kuning keemasan dan mengkilap. Daging kurma Zahidi pun cukup tebal dengan rasa manis hampir seperti sirup, namun kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.

Baca Juga  Gokil, Ada Paket Ngabuburit ala Padjadjaran Suites Bogor

5. Deglet Noor

Kurma satu ini disebut-sebut sebagai kurma dengan citarasa ‘kurma asli’ mempunyai rasa menis yang lembut dan cukup populer sebagai makanan buka puasa.

Memiliki warna coklat keemasan dan berubah jadi cokelat tua ketika sudah masak.
Kurma Deglet Noor tak hanya enak untuk dimakan langsung namun juga cocok dijadikan campuran makanan lainnya seperti nasi biryani atau nasi mandi.

6. Sukkari

Buah Kurma sukkari berwara coklat cerah keemasan dan biasanya terdapat lapisan seperti gula pada kulitnya. Bertekstur lembut dan mudah untuk dikunyah karena langsung meleleh didalam mulut.

Kurma ini masuk dalam jajaran kurma berkualitas tinggi yang mendapat julikan sebagai ‘Kurma Royal’.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *