Monday, 6 May 2024
HomeKota BogorBPBD Kota Bogor Mempunyai Program Huntara Bagi Korban Bencana

BPBD Kota Bogor Mempunyai Program Huntara Bagi Korban Bencana

Bogordaily.net – Kepala Pelaksana mengatakan, mempunyai program Hunian Sementara (), untuk yang terdampak bencana tanah longsor. Ini dilakukan agar membantu masyarakat yang rumahnya terdampak bencana tanah longsor.

Theo menjelaskan, saat bantuan di berikan kepada korban yang terdampak tanah longsor, pihaknya menyewakan tempat tinggal sementara di sekitaran situ.

“Bantuan ini di berikan maksimal selama 3 bulan untuk warga yang terdampak tanah longsor,” ujar Kepala Pelaksana , saat di temui Bogordaily di ruangannya, Senin 26 April 2021.

Theo menjelaskan, bantuan ini agar membantu warga yang terdampak tanah longsor saat rumahnya sedang di renovasi.

“Bantuan ini di berikan untuk warga yang tidak mau di pindahkan ke lokasi pengungsian,” jelasnya.

Disisi lain, mengungkapkan untuk bencana banjir yang terjadi di Kota Bogor adalah posisi lintasan, karena kali Ciliwung melewati beberapa titik yang ada di wilayah Kota Bogor.

Saat terjadi bencana banjir dan tanah longsor, BPDB Kota Bogor melakukan bantuan evakuasi, memberikan tenda pengungsian, terpal dan alat-alat kebersihan kepada warga yang terdampak.

“Kalau untuk bantuan logistik, kami bersinergi bersama Dinas Sosial,” katanya.

Kemudian, Theo mengungkapkan, untuk sekarang di wilayah Kota Bogor sering terjadi bencana pohon tumbang dan tanah longsor. Karena di akibatkan dengan curah hujan yang masih tinggi.

“Untuk bulan Maret sudah terjadi 3 kejadian bencana pohon tumbang dan 7 kejadian bencana tanah longsor dan tanah amblas di Kota Bogor,” ucapnya.

Untuk langkah pertama, mengantisipasi terjadinya pohon tumbang pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan agar mereka melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang sudah terlihat rawan.

Langkah kedua, pihaknya melakukan assesment di lokasi yang terdampak bencana pohon tumbang dan tanah longsor. Untuk yang terdampak bencana tanah longsor, BPBD Kota Bogor memberikan alat kebersihan, terpal, air bersih, perlengkapan bayi dan sembako.

“BPBD Kota Bogor siap memberikan bantuan untuk masyarakat yang terkena bencana apapun,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here