Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorProgram Pancakarsa, Ade Yasin Jadi Buah Bibir Anak Muda

Program Pancakarsa, Ade Yasin Jadi Buah Bibir Anak Muda

Bogordaily.net – Program Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menjadi ramai disuarakan anak-anak muda Bogor dalam event “”.

Para pemuda memberikan ide dan masukannya untuk pembangunan dan kemajuan Pemerintah kedepan.

“Salam . Saya Muhamad Faizal Afif. Salah satu mahasiswa Fisip Universitas Pakuan Bogor. Yang pertama bagi saya, ini salah satu inovasi yang luar biasa Bupati Ade Yasin dan jajaran di tengah sistem birokrasi yang selama ini dianggap kaku” ujar Faizal Afif.

Faizal Afif menyampaikan idenya dalam bentuk video, bahwa kaum muda Kabupaten perlu tempat khusus untuk berkarya atau disebut Bogor Creative Center.

Dirinya juga menegaskan ada tiga aspek penting yang harus ditanam untuk membentuk Kota atau Kabupaten kreatif, yang pertama pemeliharaan dan pengembangan potensi ekonomi kreatif, yang kedua pengembangan creative class, yang ketiga perencanaan dan pengembangan lingkungan kreatif.

“3 hal itu dapat menjadikan Kabupaten Bogor sebagai Creative City. Saat ini semangat sudah sangat membumi di kalangan anak muda. Tinggal bagaimana kami dirangkul kedepannya agar mampu berdaya saing lokal, regional, nasional maupun internasional,” Pungkas Faizal.

Sementara itu, salah satu peserta yang lain bernama Sidiq Purba mengusulkan ide “ dengan Data”, karena dirinya mengatakan pada tahun 2020 Seoul dinyatakan sebagai smart city terbaik di dunia.

“Salah satu inovasi yang Seoul luncurkan adalah layanan owl bus, yang dapat beroperasi mengangkut 7000 penumpang, dan meningkatkan kepuasan warga sebanyak 80%,” kata Sidiq

Selanjutnya Sidiq menambahkan Pemerintah Kabupaten Bogor dapat menjalankan inisiatif-inisiatif serupa dengan mengambil keputusan berdasarkan data.

“Untuk menjalankan inovasi ini, Kota Seoul menjalankan 3 milyard panggilan selular perhari, sehingga bisa mendeteksi keberadaan calon penumpang yang akan diangkut” tambahnya.

Fungsinya bukan hanya sebagai akuntabilitas, tetapi dapat digunakan pula bagi para akademisi ataupun para pemuda untuk berinovasi.

“Contohnya di Jawa Barat telah diluncurkan Ekosistem Data Jabar sebagai portal data Pemerintah dan masyarakat,” ucapanya.

Berbagai puluhan ide dan masukan lainnya untuk implementasi program Kabupaten Bogor telah diutarakan oleh anak-anak muda.

Saat ini event sendiri sudah memasuki tahap seleksi, untuk penentuan yang terbaik dari yang terbaik. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here