Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorRSIA Nuraida Bogor Berikan Edukasi Melalui Sapa Sahabat

RSIA Nuraida Bogor Berikan Edukasi Melalui Sapa Sahabat

Bogordaily.net – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nuraida Bogor memberikan edukasi melalui di akun instagramnya @rsianuraida.

#09 kali ini, RSIA Nuraida menjelaskan nyeri pada vagina, saat hamil trisemester akhir bersama dokter spesialis obgyn RSIA Nuraida dr. Ramadina Huliah, SpOG.

Materi ini dijelaskan karena, beberapa calon ibu mungkin merasakan hal yang tidak nyaman saat berada di usia kandungan ini.

Selama 6 menit 51 detik, dr. Ramadina Huliah, SpOG memberikan pemaparan dan solusi terkait hal tersebut.

“Walau tidak nyaman, rasa nyeri atau sakit pada vagina merupakan hal yang wajar saat kehamilan, biasanya ada beberapa faktor,” jelas dr. Ramadina Huliah, SpOG.

4 faktor yang membua nyeri yaitu, kehamilan yang kesekian kali, sang pernah jatuh terkena tulang ekor, hamil anak pertama dan kandungannya besar, atau ada trauma masa kecil dari bagian sekitar pinggul.

“Dengan adanya faktor tersebut kami minta jangan khawatir, kami bisa mengurangi rasa nyerinya, tetapi tidak total, kecuali sudah melahirkan,” ungkapnya.

dr. Ramadina Huliah, SpOG menyatakan, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri pada vagina, yang bisa dilakukan oleh di rumah.

“Saat bangun dari tempat tidur, jangan langsung berdiri, posisikan badan kesamping kanan atau kiri, lakukan itu dari kehamilan masih kecil, agar terbiasa,” paparnya.

Selain itu, juga dapat melakukan , agar meminimalisir rasa nyeri.

“Ada beberapa cara yaitu dengan mengikuti melalui online atau youtube, atau langsung datang ke RSIA Nuraida untuk mengikuti kelas ,” ujarnya.

Dr Ramadina menygatakan, jika nyeri pada vagina tidak kunjung selesai atau tidak hilang, silahkan bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here