Monday, 29 April 2024
HomeBeritaRuh yang Kembali di Bulan Ramadan

Ruh yang Kembali di Bulan Ramadan

Bogordaily.net – Apabila tiba bulan , semua ruh berkumpul di Luh Mahfuz memohon kepada Allah SWT untuk bisa kembali ke bumi. Ada ruh yang di izinkan pulang ke bumi dan ada yang tidak diizinkan.

Lalu ruh yang diizinkan pulang adalah karena amalan baik mereka semasa hidup atau karena ada anak-anak yg mendoakan mereka.

Kemudian ruh-ruh yang tidak diizinkan pulang disebabkan kesalahan mereka semasa hidup, mereka akan terus di penjara di Luh Mahfuz.

Apabila ruh diizinkan pulang, hal pertama yg mereka lakukan adalah pergi ke tanah perkuburan untuk melihat jasad mereka di sana.

Kemudian mereka akan pergi ke rumah anak-anak mereka, orang yg mendapat harta pusaka mereka dan ke rumah orang yg mendoakan mereka dengn harapan keluarga yang mereka lawati itu memberi hadiah utk bekal mereka.

Hal ini akan berlanjut hingga tiba Hari Raya Idul Fitri. Pada saat itu mereka akan mengucap selamat tinggal kepada jasad dan pulang semula ke Luh Mahfuz dengan bekal yang didapatkan dari keluarga mereka yang masih hidup.

Alam kubur membuktikan bahwa Allah itu Maha Pengasih Penyayang. Orang yang melakukan kesalahan semasa hidupnya bisa dibantu dengan doa dari orang-orang yg masih hidup.

Meski demikian, alangkah bahagianya jika seseorang yang telah meninggal selalu
mendapat kiriman doa-doa dari anak-anaknya dan orang yang masih hidup.

Oleh karena itu, jangan biarkan orang-orang yang kita sayangi, yang menghadap Allah terlebih dulu dari kita sepi tanpa kiriman doa dan sedekah dari kita.

Sperti dikutip dari NU online, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu, Lampung H Taufik Qurrahim
mengungkapkan bahwa di saat para ahli kubur ingin diberi kesempatan lagi agar bisa kembali ke dunia. Mereka ingin merasakan nikmatnya beribadah di bulan Ramadhan terkhusus di sepertiga akhir hari-hari .

“Demi Allah para ahli kubur saat ini ingin kembali ke dunia ini hanya ingin bersujud kepada Allah. Ingin beribadah di bulan Ramadhan. Selagi kita masih diberi kesehatan dan panjang umur mari maksimalkan kesempatan ini,” katanya, Selasa, 28 Mei 2019.

Sesungguhnya apabila mati seorang anak Adam, terputus semua hal, terkecuali 3 perkara yaitu :
1. Doa anak-anak yang saleh.
2. Ilmu yang bermanfaat.
3. Sedekah amal jariah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here