Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorSehat Berpuasa bersama Rs Azra di Masa Pandemi

Sehat Berpuasa bersama Rs Azra di Masa Pandemi

Bogordaily.netRumah Sakit (Rs) Azra Bogor kembali menggelar acara webinar Health Talk dengan tema, pada hari Kamis 15 April 2021.

Pada kali ini, Rs Azra turut mengundang Ahli Gizi Rs Azra Noer Asrori, SKM sebagai narasumber, dan dipandu oleh Humas dan Marketing Rs Azra Ardiana Kridayanti.

Ahli Gizi Rs Azra Noer Asrori, SKM menjelaskan tentang dengan menyesuaikan rutinitas dan gaya hidup.

“Perilaku hidup sehat di harus dilakukan, demi kualitas kesehatan kesehatan yang lebih baik,” ucap Noer Asrori, SKM

Adapun sususan bagaimana cara menjadi sehat di bulan puasa.

“Waktu sahur tidak merokok, perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayuran, pagi siang sampai sore beraktivitas seperti biasa, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit akan membuat tubuh tetap bugar, jangan tinggalkan ibadah wajib, perbanyak ibadah sunnah,” paparnya.

Selanjutnya, saat waktu berbuka puasa mulai dengan secangkir air hangat dan makanan sedikit manis, makan malam sesuai dengan gizi seimbang.

Menu yang dimakan mempengaruhi kerja tubuh pada saat berpuasa, perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayur.

“Hindari mengkonsumsi makanan berminyak, karena makanan berminyak menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga aliran oksigen menjadi berkurang dan mengakibatkan mengantuk pada siang hari,” jelasnya.

Pada saat berbuka puasa makanlah secukupnya, jika langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut sesak.

“Makanlah secara bertahap, mulai dari air putih, dan sedikit makanan manis. Pilihlan menu bergizi seimbang, kurangi makanan manis, asin dan berlemak,” ungkap Noer Asrori, SKM.

Makan terlalu banyak saat malam hari menyebabkan obesitas, maka hindari juga minum kopi dan soda karena membuat sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

“Aktivitas fisik minimal 30 menit, atur pola tidur 6-8jam/hari, minum 8 gelas air perhari, 1 gelas selepas bangun sahur, 1 gelas selepas sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas selepas sholat magrib, 1 gelas selepas makan, 1 gelas selepas sholat isya, 1 gelas selepas sholat tarawih, 1 gelas sebelum tidur,” katanya.

Acara webinar tersebut telah dilaksanakan selama 60 menit dari pukul 10.00 sampai 11.00 WIB, secara virtual melalui zoom dan live di Instagram @rsazra.

merupakan salah satu bentuk kerjasama Rs Azra kepada perusahaan maupun komunitas kesehatan, untuk terus aktif memberikan edukasi yang ditujukan kepada masyarakat luas, demi menciptakan masyarakat yang sehat dan berproduktif. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here