Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorSekda Ingin Sentul Eco Edu Tourism Forest Jadi Wisata CARE

Sekda Ingin Sentul Eco Edu Tourism Forest Jadi Wisata CARE

Bogordaily.net – Sekretaris Derah Kabupaten Bogor, Burhanudin meresmikan Hall dan di kawasan Eco Edu Tourism Forest, Babakan Madang Selasa 6 April 2021.

Selain itu, sebagai ekowisata tidak hanya fokus pada pelestarian lingkungan, juga dapat meningkatkan masyarakat berwawasan lingkungan.

Karena dalam pengelolaannya melibatkan masyarakat setempat, sehingga akan memberikan dampak terhadap kelestarian lingkungan, sekaligus secara ekonomi memajukan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Burhanudin, adanya Millenials Hall dan Eco Edu Tourism Forest ini dapat menjadi wisata Conservation, Education dan Recreation (CARE), serta jadi wisata edukasi unggulan di .

“Kita harus berpacu mudah-mudahan ini jadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Bogor khususnya wisata edukasi. Eco Edu Tourism Forest harus jadi objek wisata CARE,” ujar Sekretaris Derah Kabupaten Bogor, Burhanudin.

Kemudian Burhanudin menyatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Bogor akan terus berupaya melaksanakan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan.

Pastinya dalam skala yang lebih masif, seperti rehabilitasi hutan dan lahan, pengadaan bibit, penghijauan, hutan tanaman rakyat, reboisasi dan penerapan zero delta q policy untuk daerah resapan air, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Eco Edu Tourism Forest ini bahkan sudah masuk ke dalam Perda Nomor 7 Tahun 2020, tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Bogor. Ini masuk di salah satu prioritas yang akan kami pasarkan dengan menggunakan berbagai sarana media,” katanya.

Selanjutnya saat ini, Pemkab Bogor sudah melakukan Mou tentang pelestarian hutan dan lingkungan hidup se-Kabupaten Bogor.

Hal itu termasuk didalamnya mendukung pengembangan objek wisata, yang berbasis alam dan pelestarian lingkungan hidup.

Pada prinsipnya, Pemkab Bogor menyambut baik berbagai program yang diadakan Korea Indonesia Forest Center (KIFC).

“Semoga kedepannya kiprah KIFC di Kabupaten Bogor semakin berkembang dan kita dapat bekerjasama dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim, serta melestarikan lingkungan melalui berbagai program ekowisata dan pembangunan yang berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Kerjasama Bilateral Biro Kerjasama Dalam Negeri, Dodi Sumargi mengatakan, akan adanya pembangunan fasilitas.

Diharapkan menjadi media dalam meningkatkan kerjasama bidang kehutanan, wisata alam, perubahan iklim, konservasi dan ekowisata berbasis wawasan lingkungan.

“Di Eco Edu Tourism Forest sudah terbangun pos keamanan laboratorium, museum hutan Indonesia, guest house, asrama dan ruang belajar, kantin, mushola, gudang, toilet, jembatan dan aula terbuka,” ujarnya.

Dodi yakin dengan adanya Eco Edu Tourism Forest dapat mendukung pelestarian alam, pendidikan lingkungan, wisata penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here