Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorHealth Talk Serologi Kuantitatif Bersama RS Azra Bogor

Health Talk Serologi Kuantitatif Bersama RS Azra Bogor

Bogordaily.netRumah Sakit (RS) Azra Bogor kembali menggelar acara webinar dengan tema, pada hari Kamis April 2021.

Pada Health Talk kali ini, Rs Azra turut mengundang Dokter Spesialis Patalogi Klinik RS Azra dr. Tanty Herdiyani, SpPK sebagai narasumber, dan dimoderatori oleh dr yunesti.

Dokter Spesialis Patalogi Klinik Rs Azra dr. Tanty Herdiyani, SpPK menjelaskan kegunaan pemeriksaan .

adalah salah satu cabang imunologi yang mempelajari reaksi antigen-antibodi, reaksi serologis dilakukan berdasarkan asumsi bahwa agen infeksius memicu host untuk menghasilkan antibodi spesifik yang akan bereaksi dengan agen infeksius tersebut,” jelas dr Tanty, SpPK.

Dr Tanty SpPK menambahkan, dalam pemeriksaan ini terlihat reaksi yang digunakan untuk mengetahui respon tubuh terhadap agen infeksius secara kuantitatif.

mendeteksi antibodi terhadap protein spike (s) –RBD (Receptor Binding Domain) yang memiliki daya netralisasi terhadap virus sars cov 2 dan mendeteksi antibodi secara kuantitatif dengan satuan titer u/ml (Range kuantifikasi , 0.8-250u/ml ),” paparnya.

Kemudian, nantinya sampel pemeriksaan adalah serum/plasma yang diambil dari pembuluh darah vena, dengan cara pemeriksaan menggunakan alat otomatis (imunoserologi dengan metode ECLIA) dengan hasil sekitar 2 Jam.

“Siapa saja yang memerlukan pemeriksaan ini yaitu, penyintas Covid-19, paska vaksinasi, calon Pendonor plasma konvalasen untuk pasien Covid-19,” ujar dr Tanty, SpPK.

Sebaiknya pemeriksaan serologi dilakukan pada 2 minggu (14 hari) setelah vaksin ke 2, untuk calon pendonor plasma konvalesen, sebaiknya diperiksa 2 minggu setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dr Tanty, SpPK juga menyatakan seberapa akuratkah pemeriksaan ini.

“Pemeriksaan memiliki Sensitifitas 98.8 persen dan Spesifitas 99.8 persen,” ucapnya.

Acara webinar tersebut telah dilaksanakan selama 60 menit, secara virtual melalui zoom dan live di Instagram @rsazra.

Pada saat sesi tanya jawab, peserta mengajukan pertanyaan sesuai dengan kebutuhan, mayoritas bertanya tentang .

merupakan salah satu bentuk kerjasama RS Azra kepada perusahaan maupun komunitas , untuk terus aktif memberikan edukasi yang ditujukan kepada masyarakat luas, demi menciptakan masyarakat yang sehat dan berproduktif. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here