Monday, 29 April 2024
HomeBeritaSiap-siap Sidang Isbat Ramadan 2021 Digelar Besok

Siap-siap Sidang Isbat Ramadan 2021 Digelar Besok

Bogordaily.net – Kementerian Agama () akan menggelar untuk menentukan awal Ramadhan 1442 H/2021 M pada Senin 12 Maret 2021.

Sidang akan disiarkan secara daring dan luring dari Gedung , Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Jalannya akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil pada pukul 16.45 WIB. Sidang tersebut akan dihadiri oleh pimpinan MUI, Komisi VIII, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG dan lainnya.

Dirjen Bimas Islam , Kamaruddin Amin mengatakan dilakukan secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Sidang isbat awal Ramadhan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutur Kamaruddin Amin.

Kamarudin mengungkapkan sidang isbat ini dilakukan pada 29 Sya'ban sesuai dengan fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah.

“Sidang isbat awal Ramadhan ini digelar pada 29 Sya'ban yang bertepatan 12 April 2021,” ucapnya.

Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim mengatakan sidang isbat dilakukan dengan tiga tahap yang diawali dengan pemaparan posisi hilal.

Selanjutnya, pelaksanaan rukyatul hilal awal oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah dan akan dimulai pada pukum 16.45 WIB disiarkan langsung.

Tahap kedua sidang isbat akan dilakukan secara tertutup, setelah salat magrib, dan yang ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menag yang akan disiarkan secara langsung.

“Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI dan Medsos ,” ucap Agua Salim.

Diketahui akan melakukan sejumlah pemantau hilal di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here