Suwolo, Seniman Mendunia Asal Bogor yang Go Internasional

Menu

Mode Gelap
Breaking News, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 15 September 2021 Cek Para Semifinalis Mojang Jajaka Kota Bogor Disini! Menu Baru Djoeragan Resto, Spicy Chicken Mozzarella with Salad Ponpes di Rumpin Ludes Terbakar, Hubungan Arus Pendek Diduga Jadi Penyebabnya

Advetorial ยท 9 Apr 2021 22:01 WIB

Suwolo, Seniman Mendunia Asal Bogor yang Go Internasional


 Seniman Pelukis Istana Bogor Menggunakan Sampah Plastik (Arsal/Bogordaily.net) Perbesar

Seniman Pelukis Istana Bogor Menggunakan Sampah Plastik (Arsal/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Ditengah keramaian dan hingar bingar Covid-19, ternyata ada seorang sosok seniman yang pernah mendunia ada di Kota Bogor Suwolo.

Suwolo merupakan seniman dan pemilik Gallery OTTO yang berada di RT03/RW16, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Sudah mendunia, Suwolo adalah seniman yang sangat piawai dalam menghasilkan karya seni terutama dari bahan plastik-plastik sampah, bungkus obat nyamuk, plastik detergen dan pernah melukis dengan media arang sejak tahun 2000 di Barcelona, Spayol.

Saat Bogordaily.net mengunjungi ke Gallery OTTO di temani oleh Lurah Kedung Waringin Adhi Bagus Indrawan, Suwolo menjelaskan secara gamblang salah satu hasil karyanya yang bertema ‘Hari Nyamuk Sedunia’.

Seniman mendunia

Suwolo seniman mendunia Go International pemilik Gallery OTTO Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. (Ibnu/Bogordaily.net)

“First inspiration in Asia, pertama di asia inspirasi sampah menjadi karya seni,” kata Pemilik Gallery OTTO, Suwolo kepada Bogordaily.net saat di temui, Jumat 9 April 2021.

Selanjutnya, Suwolo menjelaskan hasil karyanya yang menggambarkan nyamuk, telah diakui dunia, karena baru pertama kali di Asia, terdapat lukisan seperti ini.

Lalu Suwolo mengatakan bahwa sebelum pandemi, hasil karyanya sudah di kirim ke Eropa Timur tepatnya di Hongaria, dan yang terakhir berada di Afrikan Selatan tepatnya di Cape Town, nantinya hasil karyanya akan di pamerkan disana sebanyak 20 lukisan.

Suwolo menuturkan, karya lukisan yang terbuat dari bahan sampah plastik jika terjual sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Tetapi dari harga tersebut, Suwolo hanya mendapatkan Rp 10 juta dari harga Rp 50 juta.

“Karena harga sisanya di potong oleh sponsor saat pameran di luar Negeri,” paparnya.

Meski demikian, hasil uang yang ia dapatkan dari penjualan lukisan, Suwolo hibahkan ke yayasan kanker anak yang berada di Barcelona, Spayol yang ia dirikan.

Dalam kesempatan yang sama Lurah Kedung Waringin, Adhi Bagus Indrawan mengatakan, bahwa Suwolo ini mempunyai suatu yayasan untuk anak leukimia, dan banyak hasil karya yang telah dihasilkan Suwolo sudah sangat banyak di Indonesia maupun di Paris.

Dengan adanya seniman di Kedung Waringin ini, Adhi sangat mendukung dengan karya-karya yang ia buat, serta ingin mengangkat kerajinan yang dibuat Suwolo ini menjadi terkenal, tidak hanya di Bogor tetapi di Indonesia juga.

Ke depannya, Lurah Kedung Waringin, Adhi Bagus Indrawan akan mengundang seniman tersebut dalam kegiatan acara pameran yang ada di Bogor.

Dalam waktu dekat ini karya Suwolo berencana akan di pamerkan di Makam Pahlawan Tijan dalam rangka acara renungan suci.

“Nanti tanggal 17 Agustus 2021, akan saya pamerkan karya beliau di acara Pahlawan Tijan, karena setiap tanggal 17 Agustus kita ada kegiatan renungan suci,” katanya.

Menurut Adhi, seniman ini merupakan seniman kelas internasional dan juga harus di apresiasi dengan penuh dukungan serta support, untuk mengembangkan karya seni nya dan bisa di pertonton luas.

Saat melihat lukisan Suwolo, Adhi berkata untuk tema karyanya pun merupakan berbagai tema dari tema Bogor sampai universal serta cerita-cerita masa lalu.

Oleh karena itu, Adhi mengatakan ingin membantu serta memperkenalkan karya dari Suwolo untuk bisa dikenal oleh semua masyarakat khususnya Kota Bogor serta seluruh dunia, dan menjadikan Suwolo seorang seniman internasional yang mewakili warga Kedung Waringin. Adv

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, RSIA Nuraida Beri Promo

19 September 2021 - 11:30 WIB

Kesehatan gigi

H-2 Karantina, Finalis Moka Kota Bogor 2021 Seminar Pembekalan

19 September 2021 - 10:39 WIB

Karantina

Bima Arya: Selain Prokes, Bangunan Sekolah Harus Dalam Keadaan Baik untuk Bisa PTM

19 September 2021 - 09:30 WIB

Bangunan sekolah

Bioskop Kembali Beroperasi, Dedie Ingatkan Tetap Jaga Prokes

19 September 2021 - 09:01 WIB

Bioskop

Jok Mobil Kotor? Duh Gak Banget, Ini Solusinya!

19 September 2021 - 07:30 WIB

Jok mobil

Ganjil Genap Melipir Mampir ke Bree Coffee & Kitchen Yuk!

19 September 2021 - 07:00 WIB

Kitchen
Trending di Advetorial