Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorSuwolo, Seniman Mendunia Asal Bogor yang Go Internasional

Suwolo, Seniman Mendunia Asal Bogor yang Go Internasional

Bogordaily.net – Ditengah keramaian dan hingar bingar Covid-19, ternyata ada seorang sosok seniman yang pernah mendunia ada di Kota Bogor .

merupakan seniman dan pemilik Gallery OTTO yang berada di RT03/RW16, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Sudah mendunia, adalah seniman yang sangat piawai dalam menghasilkan karya seni terutama dari bahan plastik-plastik sampah, bungkus obat nyamuk, plastik detergen dan pernah melukis dengan media arang sejak tahun 2000 di Barcelona, Spayol.

Saat Bogordaily.net mengunjungi ke Gallery OTTO di temani oleh Lurah Kedung Waringin Adhi Bagus Indrawan, menjelaskan secara gamblang salah satu hasil karyanya yang bertema ‘Hari Nyamuk Sedunia'.

Seniman mendunia
seniman mendunia Go International pemilik Gallery OTTO Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. (Ibnu/Bogordaily.net)

“First inspiration in Asia, pertama di asia inspirasi sampah menjadi karya seni,” kata Pemilik Gallery OTTO, kepada Bogordaily.net saat di temui, Jumat 9 April 2021.

Selanjutnya, menjelaskan hasil karyanya yang menggambarkan nyamuk, telah diakui dunia, karena baru pertama kali di Asia, terdapat lukisan seperti ini.

Lalu mengatakan bahwa sebelum pandemi, hasil karyanya sudah di kirim ke Eropa Timur tepatnya di Hongaria, dan yang terakhir berada di Afrikan Selatan tepatnya di Cape Town, nantinya hasil karyanya akan di pamerkan disana sebanyak 20 lukisan.

menuturkan, karya lukisan yang terbuat dari bahan sampah plastik jika terjual sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Tetapi dari harga tersebut, hanya mendapatkan Rp 10 juta dari harga Rp 50 juta.

“Karena harga sisanya di potong oleh sponsor saat pameran di luar Negeri,” paparnya.

Meski demikian, hasil uang yang ia dapatkan dari penjualan lukisan, Suwolo hibahkan ke yayasan kanker anak yang berada di Barcelona, Spayol yang ia dirikan.

Dalam kesempatan yang sama Lurah Kedung Waringin, Adhi Bagus Indrawan mengatakan, bahwa Suwolo ini mempunyai suatu yayasan untuk anak leukimia, dan banyak hasil karya yang telah dihasilkan Suwolo sudah sangat banyak di Indonesia maupun di Paris.

Dengan adanya seniman di Kedung Waringin ini, Adhi sangat mendukung dengan karya-karya yang ia buat, serta ingin mengangkat kerajinan yang dibuat Suwolo ini menjadi terkenal, tidak hanya di Bogor tetapi di Indonesia juga.

Ke depannya, Lurah Kedung Waringin, Adhi Bagus Indrawan akan mengundang seniman tersebut dalam kegiatan acara pameran yang ada di Bogor.

Dalam waktu dekat ini karya Suwolo berencana akan di pamerkan di Makam Pahlawan Tijan dalam rangka acara renungan suci.

“Nanti tanggal 17 Agustus 2021, akan saya pamerkan karya beliau di acara Pahlawan Tijan, karena setiap tanggal 17 Agustus kita ada kegiatan renungan suci,” katanya.

Menurut Adhi, seniman ini merupakan seniman kelas internasional dan juga harus di apresiasi dengan penuh dukungan serta support, untuk mengembangkan karya seni nya dan bisa di pertonton luas.

Saat melihat lukisan Suwolo, Adhi berkata untuk tema karyanya pun merupakan berbagai tema dari tema Bogor sampai universal serta cerita-cerita masa lalu.

Oleh karena itu, Adhi mengatakan ingin membantu serta memperkenalkan karya dari Suwolo untuk bisa dikenal oleh semua masyarakat khususnya Kota Bogor serta seluruh dunia, dan menjadikan Suwolo seorang seniman internasional yang mewakili warga Kedung Waringin. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here