Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaTaushiyah Badan Musyawarah Ulama dan Umat Islam (Bamuuis)

Taushiyah Badan Musyawarah Ulama dan Umat Islam (Bamuuis)

Bogordaily.net – Menyambut Ramadhan 1442 H/ 2021 M, Dewan Pimpinan Pusat Drs. KH. Saeful Bahri, MA berikan .

juga menyampaikan hal-hal yaitu Menyerukan kepada Umat Islam agar memasuki dengan penuh keimanan, ketaqwaan, senantiasa mengharap ridha Allah SWT dalam suasana hati yang khusyu.

Kemudian tenang dan damai serta mengembangkan sikap toleransi (tasamuh) dalam menjalankan agama, tidak terjebak dalam pertentangan dan perselisihan termasuk perbedaan faham keagamaan.

“Dalam menjalankan protokol kesehatan serta menghindarkan diri dari perbuatan yang sia-sia (tabdzir) dan pemborosab (israaf) yang mendatangkan kemudharatan bagi diri sendiri dan orang lain,” ucap Drs. KH. Saeful Bahri, MA.

Lalu, mengajak semua pihak untuk senantiasa menjaga kekhidmatan , dengan tidak memancing hal-hal yang dikhawatirkan dapat
menimbulkan gejolak dan reaksi negatif di masyarakat, baik dalam ucapan, tindakan maupun tulisan dan konten di media main streem, media sosial dan lainnya.

“Untuk itu, diharapkan kepada semua pihak baik masyarakat maupun aparat penegak hukum untuk bersama-sama mengendalikan diri dan arif dalam menangani berbagai persoalan di masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, mengajak seluruh Organisasi dan Lembaga Keagamaan Islam, utamanya lembaga Pendidikan untuk menyiapkan dan mengisi , dengan konten keagamaan yang penuh keberkahan, kemulyaan, bulan pengendaluan diri dan introspeksi serta tarbiyah bagi remaja, anak-anak dan keluarga seiring terbatasnya ruang publik di masa Pandemi.

adalah bulan ibadah dan bulan amal, oleh karena itu, dihimbau kepada para aghniya, dermawan dan pengusaha untuk
meningkatkan kesalehan sosial dengan membantu sesama,” ungkapnya.

Seperti kaum dhuafa, fakir miskin, anak terlantar, yatim piatu, serta masyarakat yang terdampak Covid-19, melalui penyaluran bantuan sosial, baik berupa zakat, infak, shodaqoh maupun amal sosial lainnya.

“Dalam rangka menggelorakan amal sosial ini,
Komisi Ukhuwah MUI mengajak BUMN maupun Swasta, Nasional maupun Asing, untuk merealisasikan CSR (Corporate Social Responsibility) dan Program Bina Lingkungan,” paparnya.

Hal ini untuk membangun tatanan sosial kehidupan
masyarakat sebagai refleksi dari nilai saling kasih sayang antar sesama (ruhama-u bainahum) dan tolong menolong dalam kebajikan dan taqwa (at
ta'awun ala al birri wa at taqwa) dengan menggelorakan semangat
kedermawanan sosial menuju tatanan masyarakat bangsa yang berkesejahteraan.

“Dengan ini, mengajak kepada semua fihak untuk menjadikan sebagai bulan taubat, mohon ampun kepada Allah SWT, agar kita semua menjadi manusia yang bersih, bertaqwa, terbebas dari noda dan dosa,” harapnya.

Seraya bertawakal dan berlindung diri agar terhindar dari bencana, petaka serta segera mengangkat wabah Pandemi Covid-19, hilang dari permukaan bumi. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here