Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorTingkat Keterisian RS Rujukan Covid-19 di Kota Bogor Menurun Drastis

Tingkat Keterisian RS Rujukan Covid-19 di Kota Bogor Menurun Drastis

Bogordaily.net – Rasio tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di Covid-19 di Kota Bogor .

Dari data per Selasa 6 April 2021 menunjukan bahwa, jumlah tempat tidur isolasi yang terisi hanya 30,7 persen, angka ini jauh di bawah ambang batas menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 60 persen.

Kepala , Sri Nowo Retno menjelaskan, total 809 tempat tidur isolasi di 21 hanya terisi 248.

“Saat ini hanya terisi 248 atau 30,7 persen, padahal, sebelumnya di Kota Bogor sempat menembus angka 88 persen pada Bulan Januari 2021,” ujar Kepala , Sri Nowo Retno, Rabu 7 April 2021.

Retno menjelaskan, penurunan drastis juga terjadi di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kota Bogor, tercatat jumlah tempat tidur yang terisi hanya 9 unit atau 14,1 persen dari total yang disiapkan 64 unit.

“Alhamdulillah tren BOR di rumah sakit turun karena kasus pasien terkonfirmasi positif juga turun, terutama kasus dengan gejala sedang dan berat. Dimana kasus kategori ini harus dirawat di rumah sakit,” jelasnya.

Kemudian, Retno mengatakan menurunnya kasus positif dengan gejala sedang dan berat ini juga karena program vaksinasi, yang terus dilakukan dan menjangkau lebih banyak warga.

“Bisa saja kemungkinan faktor vaksinasi. Jadi, andaikan terpapar juga tidak berat sehingga tidak perlu dirawat di rumah sakit,” terangnya.

Kemudian Retno menambahkan, selain BOR yang , angka kesembuhan di Kota Bogor naik menjadi 91,1 persen (lebih tinggi dari Jawa Barat dan Nasional).

Selanjutnya, angka kasus aktif di Kota Bogor juga turun menjadi 6,6 persen (lebih rendah dari Jawa Barat dan Nasional), sedangkan angka kematian akibat Covid-19 di Kota Bogor 1,6 persen (lebih rendah dari angka kematian Nasional).

Oleh karena itu, Retno meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

“Meskipun tren kasus menurun dan sudah ada Vaksinasi, bukan berarti kita sudah bebas dari pandemi,” paparnya.

Kemudian, Retno menghimbau kepada masyarakat harus tetap waspada terhadap penularan Covid-19 dan tetap patuhi protokol kesehatan 5M. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here