Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaUpdate! 5 Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Jantung 2021

Update! 5 Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Jantung 2021

Bogordaily.net – Bagi penderita jantung perlu untuk memilih olahraga yang cocok, aman dan tepat agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki. Olahraga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh tetap fit dan sehat.

Oleh karena itu, pasien yang menderita gangguan pada organ kardiovaskuler perlu untuk menjalani pengobatan dan salah satu cara yang tepat yaitu rutin melakukan olahraga.

Kemudian untuk penderita penyakit jantung sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter tentang jenis olahraga apa yang tidak menimbulkan efek negatif pada jantung.

Sebab, seperti yang diketahui bahwa olahraga dapat mempengaruhi kondisi tubuh terutama jantung. Oleh karena itu, tidak boleh sembarangan memilih jenis olahraga.

Karena pasien yang menderita penyakit jantung harus mengetahui panduan dan tata cara yang aman dalam melaksanakan olahraga. Jika sudah memahami hal-hal yang perlu dilakukan bagi penderita penyakit jantung sebelum berolahraga.

Berikut ini 5 daftar olahraga yang aman bagi penderita penyakit jantung, seperti :

1. Bersepeda

Pertama olahraga yang cocok untuk penderita jantung adalah bersepeda, karena bersepeda merupakan salah satu olahraga yang cukup aman bagi pasien penderita penyakit jantung.

Hal ini karena bersepeda dapat membantu memperkuat otot pada jantung sekaligus menurunkan denyut nadi, memperlancar proses sirkulasi darah dan juga mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, manfaat lain yang didapat dari aktivitas ini yaitu dapat menurunkan berat badan karena lemak tubuh akan terbakar saat bersepeda.

2. Melakukan Olahraga Taichi

Kedua olahraga Taichi, ini merupakan olahraga yang berasal dari negeri Cina sebagai cara untuk melatih kebugaran tubuh.

Taichi melibatkan olahraga peregangan anggota tubuh yang ringan dan disertai dengan gerakan yang terfokus dan lambat. Taichi juga dapat melatih kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatur irama tubuh serta mengendalikan pernapasan.

Oleh karena itu, olahraga taichi memiliki peranan yang besar untuk mencegah serta mengurangi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan saat melakukan taichi, tubuh akan memberikan tekanan yang ringan pada otot di jantung.

3. Meditasi

Ketiga olahraga Meditasi, ini merupakan olahraga yang cocok untuk penderita jantung karena dapat mengurangi stress yang berlebihan. Stress sangat berbahaya bagi tubuh terutama kesehatan jantung.

Sebab, pasalnya stress dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah. Oleh karena itu, meditasi dapat membuat emosi menjadi stabil.

Kemudian meditasi sangat dianjurkan bagi penderita jantung, namun selain melakukan meditasi juga perlu mengatur gaya hidup dan pola makan yang benar serta melakukan olahraga secara rutin.

Sebab, melakukan meditasi akan memberikan efek yang positif pada psikologi seseorang, pasalnya saat meditasi otak memproduksi sebuah hormon untuk membuat suasana hati lebih tenang sehingga stress akan berkurang.

4. Berjalan Kaki

Keempat olahraga berjalan kaki, yang cocok untuk penderita jantung yang paling murah dan tidak menghabiskan banyak energi. karena dapat berjalan kaki ke tempat kerja, ke pasar untuk berbelanja atau berjalan keliling kompleks.

Banyak penelitian yang membuktikan kalau berjalan kaki dapat mengurangi dampak penyakit jantung sebesar 31 persen dan mengurangi tingkat kematian karena kardiovaskuler sebesar 32 persen.

Selanjutnya, jalan kaki dapat mengurangi stress dan menstabilkan tekanan darah sehingga dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

Hal ini dikarenakan bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menggumpal dan membentuk plak pada pembuluh darah sehingga dapat menjadi sumber terjadinya penyakit jantung.

5. Berenang

Kelima, olahraga berenang merupakan salah satu cabang dari olahraga aerobik terbaik dan olahraga yang cocok untuk penderita jantung, menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Amerika.

Ditemukan fakta bahwa melakukan aktivitas berenang sekitar 2 setengah jam per minggu dapat memberikan banyak manfaat bagi jantung, selain itu manfaat lain dari berenang adalah dapat mengurangi stress.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here