Monday, 6 May 2024
HomeBerita6 Makanan Sehat Untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

6 Makanan Sehat Untuk Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Bogordaily.net – Saat perayaan Idul Fitri biasanya akan banyak sajian makanan khas yang tak sedikit mengandung lemak dan cukup tinggi untuk kadar .

cukup sensitif terhadap asupan yang masuk ke dalam tubuh, terutama jika mengonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti daging, santan dan makanan-makanan lainnya.

Makanan tinggi lemak ini sangat banyak disajikan saat lebaran seperti rendang, opor ayam, sayur ketupat dan banyak lainnya.

Berikut adalah beberapa bahan makanan bisa dikonsumsi untuk bantu kendalikan menurut MDLinx :

1. Wortel

Karena wortel mengandung beta karoten yang sangat baik, kandungan beta karoten ini juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

Wortel bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat yang telah direkomendasi oleh para ahli, dan para penelitian bahkan juga telah membuktikan bahwa, hewan yang makan wortel secara signifikan mengalami penurunan dan kadar trigliserida dan mengalami peningkatan antioksidan.

2. Oatmeal

Kedua ada oatmeal, dari sumber bahan makanan dengan serat larut yang sangat baik yaitu, beta glucan yang dipercaya dapat menurunkan

Manfaat oatmeal juga bisa ditambah menjadi lebih efektif dengan cara menambahkan beberapa buah, seperti berry ke dalam mangkuk oatmeal.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi bahan makanan yang paling direkomendasikan, dalam daftar diet mediterania.

Manfaat minyak zaitun ini dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Minyak zaitun memiliki efek yang baik untuk menurunkan secara keseluruhan, serta kandungan polifenol yang begitu tinggi.

4. Kedelai

Keempat makan kedelai dan produk olahannya seperti susu kedelai, tahu dan tempe dapat membuat menu makan menjadi lebih sehat.

Kacang kedelai sudah terbukti menjadi sumber protein nabati yang sangat tinggi dan jauh lebih sehat, dibandingkan dengan protein hewani.

Menurut The Journal of Nutrition, konsumsi protein kedelai dapat menurunkan buruk hingga 3-4 persen.

Olahan kedelai seperti tahu dan tempe serta susu kedelai ini juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang sangat baik, dan dapat menjadi sumber antioksidan serta lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, kacang seperti almond tidak hanya dapat menurunkan buruk, tetapi juga dapat meningkatkan baik.

Selain almond, beberapa kacang lainnya juga memiliki manfaat yang sama misalnya, kacang kenari dan kacang mete.

6. Alpukat

Alpukat menjadi buah yang memiliki lemak tak jenuh tunggal, serat larut dan tak larut serta banyak nutrisi lainnya.

Serat larut memiliki manfaat untuk membantu menurunkan dalam darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasi pada jurnal American Heart Association juga telah membuktikannya, dengan melibatkan orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Hasilnya, partisipan yang makan setidaknya sebuah alpukat dalam sehari memiliki pengurangan kolesterol yang buruk dalam jumlah yang sangat baik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here