Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorDiguyur Hujan Deras, Jalan dan Rumah Warga di Kawasan Cibinong Terendam

Diguyur Hujan Deras, Jalan dan Rumah Warga di Kawasan Cibinong Terendam

Bogordaily.net beberapa titik ruas jalan di kawasan Cibinong terendam air, Genangan air di ruas Jalan Raya mengarah ke lapangam Cibinong Bogor sampai setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 40 cm, Kamis 6 Mei 2021.

Tidak hanya itu, akibat genangan air juga terjadi di Jalan Raya Mayor Oking, tepatnya di depan ITC Cibinong dan Jalan Raya Pemda, Karadenan Kecamatan Cibinong, .

Kasi Kedaruratan BPBD Muhamad Adam mengatakan, genangan di jalan ke arah Pakansari memang sering kalau hujan dalam waktu lama itu pasti tergenang.

Kemudian ia menambahkan, banjir dan genangan air yang terjadi di kawasan , Cibinong, terjadi akibat penyempitan Sungai Kumpa. Debit air yang tidak tertampung oleh lebar sungai kemudian meluap dan menggenangi jalanan dan pemukiman warga.

“Ini kan memang karena ada penyempitan sungai ya, air meluap dan melimpas kemana-mana. Kampung Curug yang ada di dekat itu banjir, kantor BPBD juga ada genangan karena luapan sungai di belakang kantor,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Muhamad Adam.

Selanjutnya wilayah Kampung Cikempong, RT05/RW04, Kelurahan Pakansari, Cibinong, mengalami banjir setinggi hingga 80 cm menggenangi puluhan rumah.

Ketua RW04 Syamsu menyampaikan di wilayahnya rumah dan warung-warung yang tergenang itu bisa puluhan, tingginya sekitar lutut, tapi ada yang sampai 1 meter.

“Saya berharap, pemerintah Kabupaten Bogor bisa bertindak. Ini wilayah jadi sering banjir setelah dibangun gorong-gorong. Makanya kita bingung, gorong-gorong saluran air dibangun, tapi malah bikin banjir,” ujar Ketua RW04 Syamsu, kepada detik.com.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here