Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaDoa Paling Sering Dibaca Nabi Muhammad

Doa Paling Sering Dibaca Nabi Muhammad

Bogordaily.net- Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Ia berkata bahwa yang paling sering dibaca oleh shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah,

ALLOHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

(Artinya: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, 8:187-188; Muslim, no. 2690]

di atas sama dengan dalam ayat,

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

Dikutip dari Rumaysho, Imam Muslim menambahkan dalam riwayatnya,

” Jika Anas radhiyallahu ‘anhu hendak berdoa, Ia pasti berdoa dengan tersebut. Jika Ia hendak berdoa dengan yang lain, Ia pun menyisipkan tersebut di dalamnya.” (HR. Muslim, no. 2690)

Sementara itu, Ibnu Hajar rahimahullah menyebutkan,

” Tidaklah seorang maupun orang saleh berdoa melainkan mereka menggunakan ini. ” (Fath Al-Bari, 2:322)

Imam Nawawi rahimahullah berkata mengenai pengertian tersebut,

” Pendapat yang lebih tepat mengenai tafsiran ‘kebaikan di dunia' adalah ibadah dan ‘afiyah (kesehatan). Adapun ‘kebaikan di akhirat' adalah surga dan ampunan Allah. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa kebaikan di situ bersifat umum untuk seluruh kebaikan di dunia dan akhirat.” (Syarh Shahih Muslim, 17:13).

Adapun Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan,

” Doa sapu jagad ini berisi permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh kejelekan. Yang dimaksud kebaikan dunia adalah nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik, serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.”

” Apa yang disebutkan oleh para ulama pakar tafsir semuanya tidaklah saling bertentangan. Karena seluruh kebaikan dunia tercakup dalam doa tersebut.”

Sedangkan kebaikan di akhirat yang diminta dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut), diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat, serta berbagai kebaikan akhirat lainnya.

Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa.

Diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram. (Tafsir Al-Qur'an Al-‘Azhim, 2:122)

Imam Nawawi rahimahullah berkata mengenai pengertian doa tersebut,

” Pendapat yang lebih tepat mengenai tafsiran ‘kebaikan di dunia' adalah ibadah dan ‘afiyah (kesehatan). Adapun ‘kebaikan di akhirat' adalah surga dan ampunan Allah. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa kebaikan di situ bersifat umum untuk seluruh kebaikan di dunia dan akhirat.”  (Syarh Shahih Muslim, 17:13).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here