Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Siapkan Jalur Sepeda di Jalan Sudirman

Pemkot Bogor Siapkan Jalur Sepeda di Jalan Sudirman

Bogordaily.net – Pemerintah menyiapkan pembangunan di pusat , trek sepeda bersebelahan dengan pedestrian di mulai dari bundaran Air Mancur hingga di depan kantor Depom III/1 Bogor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) , Rudy Mashudi, mengungkapkan, rencana pembangunan di ini, untuk menyambung program pemerintah pusat melalui Badan Pengelola Transportasi Jabidetabek (BPTJ) yang membangun pedestrian dan jalur khusus sepeda di Jalan Raya Pajajaran .

Rudi mengatakan, pemerintah pusat melalui BPTJ saat ini sedang membangun pedesertian di Jalan Raya Pajajaran mulai dari perempatan Warung Jambu sampai pertigaan dekat Rumah Sakit Siloam.

Pembangunan pedestrian dan di Jalan Raya Pajajaran sumber anggarannya dari APBN.

“Jalan Raya Pajajaran mulai dari perempatan Warung Jambu sampai Jalan Raya Wangun di perempatan Ciawi adalah jalan nasional, sehingga pembangunannya dilakukan oleh pemerintah pusat,” ujarnya dikutip dari antaranewscom.

Sedangkan, rencana pembangunan jalur khusus sepeda di Kota Bogor adalah jalan kota sehingga pembangunannya bersumber dari APBD Kota Bogor.

Menurut Rudi, Pemerintah Kota Bogor saat ini sedang membuat konsep jalur khusus sepeda tersebut bentuknya seperti apa, apakah hanya diberi cat berwarna lain dan marka atau dibuat jalur yang lebih tinggi seperti pedestrian.

“Ini yang sedang dipertimbangkan plus-minusnya, termasuk keamanan bagi pengendara sepeda,” ucapnya.

Rudi berharap jika perencanaannyab sudah siap, pembangunannya bisa dilaksanakan pada tahun anggaran 2021.

Kalau pembangunan jalur khusus sepeda ini bersamaan dengan pembanguan pedestrian, maka leading sektornya adalah Dinas PUPR sehingga anggaran tersebut dialihkan ke Dinas PUPR melalui Perubahan APBD. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here