Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorKota Bogor Ekspor Tanaman Hias dan Benih Sayur Senilai Rp70 Milyar

Kota Bogor Ekspor Tanaman Hias dan Benih Sayur Senilai Rp70 Milyar

Bogordaily.net, mendampingi Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, melepas ekspor florikultura (tanaman hias) dan benih sayuran di Pasar Tanaman Hias Minaqu BNR, Kamis 6 Mei 2021.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyampaikan ekspor tersebut dilakukan dengan tujuan ke beberapa negara, seperti Kanada, Inggris, Norwegia, Polandia, Jerman, Perancis, Rusia, Belanda, Amerika Serikat, Mesir, Nigeria, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, India, Hongkong dan Selandia Baru.

“Saya bahagia, di tengah hujan ini kita bisa ekspor, ini berkah. Kita bisa ekspor besar-besaran florikultura dan benih sayuran pada bulan Ramadan,” ujar Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Menambahkan, angkanya fantastis Rp. 70 miliar untuk hari ini saja dan tidak main-main. Tidak hanya cukup hari ini saja, para eksportir ini simultan melakukan ekspornya setiap hari.

“Totalnya lebih dari Rp. 23 Triliun, efeknya luar biasa bagi perekonomian Bangsa ini,” katanya.

Dalam pelepasan ekspor itu, diwakili dua pelaku usaha tanaman hias dengan nilai transaksi bisnis melebihi Rp 70 Miliar dalam satu hari.

Dan samping itu, ada total 25 eksportir yang terdata secara simultan melakukan pengiriman dalam waktu dekat ini.

Syahrul menyebut, dalam kurun waktu 2017-2021, Indonesia telah mengekspor 1,4 juta ton produk hortikultura ke berbagai negara dengan nilai mencapai 1,57 Miliar US Dollar.

“Volume ekspor rata-rata tiap tahun berkisar 291 ribu ton dan tertinggi terjadi pada 2018 dengan volume sebesar 435 ribu ton atau setara 439 Juta US Dollar,” katanya.

Pada tahun 2020 komoditas buah-buahan memberi nilai ekspor tertinggi sebesar 390 juta US Dollar, diikuti oleh sayuran dan tanaman obat dengan nilai 148 juta US Dollar dan 86 juta US Dollar.

Selanjutnya, Syahrul mengaku, hal ini bentuk komitmen segenap stakeholder hortikultura nasional mewujudkan hortikultura berdaya saing dan memberi nilai strategis terhadap perekonomian bangsa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here