Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaMantan Rektor IPB Prof Ahmad Ansori Mattjik Meninggal Dunia

Mantan Rektor IPB Prof Ahmad Ansori Mattjik Meninggal Dunia

Bogordaily.net – Kabar duka menyelimuti civitas akademika University, Prof Ahmad Ansori Mattjik mantan Rektor periode 2002-2007 meninggal dunia.

Kabar duka tersebut telah beredar di Whatsapp grup Alumni HMI Kom A Faperta.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun Telah wafat Prof. Dr. Ahmad Ansori Mattjik, pada Rabu, 19 Mei 2021
Pukul 8:13PM di RS Fatmawati karena sakit. Mohon dimaafkan segala kekhilafan dan kesalahan beliau & semoga Allah memberikan ampunan kepada beliau,” tulis keterangan.

Berikut sosok Prof Ahmad Ansori Mattjik dikutip dalam laman alumniipbpedi, beliau merupakan Rektor 2002-2007, Guru Besar Statistika Jurusan/Fakultas STK/FMIPA-S1.

Prof. Dr. Ir. H. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc adalah pria yang dilahirkan di Jakarta tanggal 26 Juni 1946 silam, dimulai dari sekolah dasar SRN 18 Bogor.

Lulus dari sekolah dasar, beliau melanjutkan pendidikan menegah pertama di SMP Kris, hingga kemudian berlanjut di SMA Negeri 1 (Boedoet) Jakarta.

Selepas tamat SMA, Prof. Mattjik muda melanjutkan pendidikan sarjana S1, di bidang Biometrika di Institut Pertanian Bogor.

Beliau kemudian melanjutkan pendidikan magister (S2) di University of Minnesota, dan meraih gelar Magister Statistika.

Kegigihan mencari ilmu berlanjut pada tahun 1980 ketika beliau berhasil meraih gelar Doktor bidang Statistika Terapan, pada Colorado State University.

Tanggal 2 Desember 2002 menjadi tonggak sejarah bagi Prof. Mattjik, pasalnya Majelis Wali Amanat (MWA) menetapkan dirinya sebagai Rektor untuk periode 2002-2007.

Beliau adalah Rektor ke-12 sejak berdiri, menggantikan Prof. Dr. Ir. M Aman Wiranatakusumah.

Dengan gigih beliau membawa menjadi perguruan tinggi terkemuka, melalui pembenahan mutu SDM.

Berbagai jabatan pernah diemban oleh sosok berkacamata ini, di antaranya Ketua Dewan Pakar HKTI dan jabatan lain di tingkat maupun di luar IPB.

Beliau tergabung dalam beberapa organisasi profesi dan memiliki pengalaman kepanitiaan kegiatan, hingga tingkat nasional.

Guru Besar Statistika IPB ini selain sebagai pengajar juga aktif sebagai pembicara dalam seminar, simposium dan workshop berskala nasional.

Beberapa karya ilmiah beliau yang telah dipublikasikan dalam jurnal dan juga majalah antara lain, Pendugaan Data Hilang dengan Algoritma EM-AMMI pada Percobaan Lokasi Ganda dan Aplikasi Analisis Pengaruh Utama Aditif dengan Interaksi Ganda (UAIG).

Ahmad Ansori Mattjik juga telah menerbitkan beberapa buku di antaranya Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab (Jilid I), dan Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab (Jilid I ed. 2).

Prof. Mattjik juga telah melakukan kerjasama di bidang pendidikan, dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia dan pemerintah daerah.

Atas berbagai prestasinya itu, Prof Mattjik dianugerahi penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here