Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorPembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi Megamendung Dikebut

Pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi Megamendung Dikebut

Bogordaily.net, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, meninjau lokasi Bendungan Ciawi dan Megamendung Kabupaten Bogor.

Peninjauan dilakukan untuk mengetahui progres pembangunan dua bendungan, Rabu 5 Mei 2021.

Kedua bendungan itu akan dipercepat pembangunannya mengingat dapat mengurangi dan mengendalikan masalah banjir di Jakarta mencapai 12 persen.

, mengatakan, Bendungan Ciawi dan Sukamahi Megamendung, memiliki fungsi sebagai penahan air ketika terjadi luapan air sungai. Bendungan itu akan menahan dan menampung air sekitar 20% sehingga air tidak turun semua ke Jakarta.

“Kami sangat mendukung pembangunan dua bendungan ini, karena untuk kebaikan kita semua. Kebetulan Kabupaten Bogor berada di hulu, banyak aliran dan sumber air yang mengalir ke Jakarta. Harus didukung karena bendungan ini sebagai upaya pengendalian banjir, kita berharap agar pembangunannya cepat selesai, mudah-mudahan Juni mendatang sudah rampung,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan dua bendungan tersebut dapat menampung lebih dari 6 juta kubik air, selain dapat menampung juga air dapat dikontrol sehingga air tidak langsung tumpah ke Jakarta.

Daya tampung air di Jakarta hanya 2.000 debit air sedangkan ketika banjir ada 3.000 debit air yang masuk ke Jakarta, artinya ada 1.000 debit air yang jadi permasalahan dan harus segera diatasi.

“Kalau dua bendungan ini sudah jadi, akan mengurangi 12% potensi banjir di Jakarta, tadi saya lihat untuk sodetan sudah setengah selesai mudah-mudahan sore ini bisa selesai,” Kata Luhut.

Menurutnya, kerjasama antara Pemkab Bogor, Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dalam hal pengendalian bajir melalui pembangunan dua bendungan itu sudah paten, dan menjadi contoh kerena koordinasinya sangat bagus.

“Kita berharap Juli mendatang dua bendungan itu bisa selesai. Pekerjaan ini sangat masif yang dapat mengurangi banjir di Jakarta. Kita juga akan bekerjasama dengan Kodam untuk mendisiplinkan masyarakat kerena manfaat bendungan ini sangat baik,” tutupnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here