Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaIngin Pulang Kampung, Pemudik Nekat Naik Truk Sayur

Ingin Pulang Kampung, Pemudik Nekat Naik Truk Sayur

Bogordaily.net – Sebuah yang sedang melintasi Tol Cikarang arah Cikampek yang sedang mengangkut beberapa pemudik, telah diamankan polisi.

Dari foto yang diunggah, terlihat truk tersebut berisi sayuran dan bungkusan-bungkusan kresek yang diikat, namun ada beberapa orang yang menumpang di atas bak truk tersebut.

Akhirnya polisi terlihat memeriksa salah seorang, dari penumpang bak tersebut.

Informasi penemuan truk muatan sayur yang mengangkut penumpang itu, disebut terjadi di Gerbang Tol Cikarang Barat atau Km 31 yang diunggah di akun instagram .

“1:51 #Polri amankan kendaraan Truk bermuatan sayur yang juga membawa Pemudik di KM 31 Tol Cikarang (arah ke Cikampek),” tulis dalam unggahan akun instagramnya, pada Kamis 6 Mei 2021.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan pemudik yang nekat naik truk bahayanya sangat besar.

“Jadi manusia adanya di dalam kabin, dan pakai safety belt. Kalau di bak atau diumpetin safety-nya nggak ada. Sehingga kalau terlibat kecelakaan, itu justru malah menambah korban nyawa mungkin,” kata Sony seperti dikutip dari detikcom.

Di bak truk sendiri tidak ada sabuk pengaman bagi penumpang, sehingga kalau terjadi kecelakaan pada truk tersebut, penumpang yang ada di bak truk bisa terlempar.

“Jadi ketika safety belt itu tidak digunakan saat kendaraan bergerak dan terlibat kecelakaan, orang itu seperti biji karambol yang mental-mental tidak tentu arah. Itu fatalitas pasti. Memang taruhannya nyawa, karena dia tidak terlindungi,” ucapnya.

Sony menegaskan, pengemudi juga seharusnya tahu bahaya dan resiko menaikkan penumpang di bak truk.

Jika ada yang ingin menumpang, sopir truk seharusnya dengan tegas menolak.

“Dari sisi pengemudinya, harusnya tidak memaksakan itu. Artinya dia tahu sekali bahwa itu bukan buat manusia, buat barang. Jadi jangan pernah melakukan hal itu berapa pun biaya yang dikasih ke dia,” ujar Sony.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here