Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPeran Satgas Tingkat Kecamatan Sangat Penting Sukseskan Kebijakan Larangan Mudik

Peran Satgas Tingkat Kecamatan Sangat Penting Sukseskan Kebijakan Larangan Mudik

Bogordaily.net – Bupati Bogor, Ade Yasin menegaskan di sangat penting sekali karena sangat menguasai wilayahnya masing-masing.
Hal itu ia ungkapkan saat menggelar buka puasa bersama terbatas bersama Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Forkopimda dan para Camat di Pendopo Bupati, Cibinong, Senin 3 Mei 2021.
Menurut Bupati Ade Yasin, ia perlu perpanjangan tangan, seperti para Camat yang juga nantinya bisa mengendalikan semua sampai ke tingkat Desa, RT dan RW.
Saat ini pemberlakuan PPKM pun masih berskala mikro, dimana harus betul-betul memahami kondisi di wilayah hingga ke tingkat RT dan RW.
“Termasuk juga mengantisipasi kegiatan mudik yang dilarang pemerintah. Kegiatan mudik sudah dilarang oleh pemerintah pusat mulai tanggal 6 sampai 17 Mei. Pelaksanaannya ada di kita, di daerah. Kita lah yang bertanggung jawab atas sukses tidaknya kebijakan larangan mudik,” ujar Bupati Ade Yasin.
Kemudian Ade yasin kembali menjelaskan, beberapa poin yang harus diperhatikan, untuk di jalan-jalan sudah persiapkan yakni tugasnya , , , dan pihak terkait lainnya.
“Terdapat 8 pos jaga di jalan raya besar, yang pertama adalah perbatasan dengan Kota Bekasi, perbatasan Kabupaten Bekasi di Cileungsi, perbatasan Kota Depok, lokasinya di Cibinong,” katanya.
Kemudiaan perbatasan Kota Depok di Parung, perbatasan Kabupaten Tangerang di Parung Panjang, perbatasan Kota Lebak Banten di Jasinga, perbatasan Kabupaten Cianjur di Puncak, dan perbatasan Kabupaten Sukabumi di Cigombong.
“Untuk jalan atau jalur yang kecil-kecil, ini juga tanggung jawab kita bersama, jika ada yang ketahuan mudik melalui jalur ini, kita tanya dan identifikasi, apakah ada keterangan sudah vaksin, surat keterangan rapid antigen atau PCR Swab melaui RT/RW dan dilaporkan ke Satgas ,” ucapnya.
Untuk karantina, tambah Ade Yasin, warga yang kedapatan mudik sudah siapkan rumah isolasi di pusat isolasi Cibogo dan Kemang.
“Karena kondisinya saat ini sudah kosong. Kita harus maksimalkan kegiatan penyekatan mudik ini secara efektif termasuk daerah-daerah tempat wisata,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here