Rumus Sukses, Ketua Apeksi: Kepala Daerah harus Berkolaborasi

Menu

Mode Gelap
Presiden Jokowi Sapa Peserta Vaksinasi Merdeka di IPB Akibat Pohon Tumbang di Depok, Jalur KRL Bogor Masih Diperbaiki Breaking News, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 15 September 2021 Cek Para Semifinalis Mojang Jajaka Kota Bogor Disini!

Headline · 27 Mei 2021 11:48 WIB

Rumus Sukses, Ketua Apeksi: Kepala Daerah Harus Berkolaborasi


 Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya pada webinar HUT Apeksi ke-21 dengan tema Pentahelix dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Kota di Indonesia, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa 25 Mei 2021. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya pada webinar HUT Apeksi ke-21 dengan tema Pentahelix dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Kota di Indonesia, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa 25 Mei 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya mengatakan, banyak kepala daerah yang berhasil dan menularkan inspirasi dengan satu rumus, yakni berkolaborasi.

Bima Arya mengatakan, dalam buku yang ditulis Benjamin Barber If Mayors Ruled The World menyampaikan bahwa, Kepala Daerah itu tidak bisa sendiri, harus berkolaborasi.

Dalam buku tersebut, banyak para Kepala Daerah atau Wali Kota yang berhasil dan hebat, rumusnya satu, yaitu kolaborasi.

Hal itu disampaikan saat membuka webinar HUT Apeksi ke-21 dengan tema Pentahelix dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Kota di Indonesia, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa 25 Mei 2021.

Baca Juga  Bima Arya Peragakan Uji Coba SSA di Hadapan Pengunjung Mal Botani Square

“Karena itu ketika corporate, private sector mazhabnya economy sharing. Sementara kalau government sector sendiri, tidak mau berbagi, tidak saling menginspirasi maka tidak akan bisa mengimbangi itu. Belum lagi, kepala daerah dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor.

“Nah, karena itu di Apeksi ini rumus yang kita pegang yang paling relevan ke depan adalah berbagi, saling menginspirasi, kolaborasi dan sinergi,” tambahnya.

Menurut Bima Arya, sejak era Pilkada langsung banyak Kepala Daerah yang menunjukkan kinerja sangat baik dan diikuti oleh yang lain.

Baca Juga  Jaksa Sebut Tudingan Rizieq ke Bima Arya Tak Berdasar

“Saat menjadi pengamat saya sangat mengamati kinerja Pak Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo, kemudian ada Bupati Jembrana dan yang lainnya yang menginspirasi,” katanya.

Lanjutnya, ternyata prestasi dan inspirasi itu menular, yang lain mengikuti, bahkan jauh lebih baik lagi dan kebiasaan itu berjalan dengan sangat baik.

Di Apeksi 2 tahun lalu, menurut Bima, menginisiasi satu program berbagi, saling menginspirasi ketika Wali Kota yang memiliki program unggulan dibagi kepada yang lainnya, kemudian akhirnya ditiru menjadi lebih baik lagi.

“Tapi kolaborasi ini bukan hanya antar daerah tetapi dengan stakeholder lain,” ucapnya.

Baca Juga  Covid-19 Melandai, Pemerintah Kota Bogor Minta Level PPKM Diturunkan

Kemudian Bima sering katakan sangat mengagumi konsep kolaborasi Pentahelix. Pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas dan media.

“Jadi, nggak bisa sendiri, harus betul-betul digabungkan elemen-elemen ini. Saya melihat di era pandemi ini kepala daerah, baik bupati, Wali Kota bahkan gubernur yang piawai berkolaborasi dengan unsur Pentahelix ini, lumayan bisa beradaptasi bahkan berprestasi di era pandemi ini,” jelasnya.

Untuk itu, Bima berharap pengalaman narasumber bermanfaat bagi kepentingan semua, untuk terus saling menginspirasi dan berbagi.

“Himpitan ekonomi luar biasa, masalah ekonomi, tekanan politik ada, tetapi ketika dihadapkan dengan semangat kolaborasi maka segala sesuatu akan lebih mudah,” pungkasnya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Peralihan Musim

22 September 2021 - 23:30 WIB

Peralihan

Konsisten, Positivity Rate Selalu di Bawah Dua Persen

22 September 2021 - 23:05 WIB

Konsisten

Tangkal Hoaks, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita

22 September 2021 - 21:20 WIB

AMSI

MenKopUKM Siap Penuhi Tuntutan Asosiasi UMKM Agar Usaha Terus Bergerak

22 September 2021 - 20:57 WIB

Asosiasi

Tasikmalaya Masih di Level 3, Covid-19 Sudah Melandai

22 September 2021 - 20:09 WIB

Tasikmalaya

Ribuan Atap Pabrik di Jabar Diwajibkan Memakai Panel Surya

22 September 2021 - 19:16 WIB

atap
Trending di Nasional