Friday, 29 March 2024
HomeBeritaTips Memilih Hand Sanitizer yang Aman Bagi Kulit

Tips Memilih Hand Sanitizer yang Aman Bagi Kulit

Bogordaily.net – Menjaga higienitas secara ketat menjadi kebutuhan utama selama , penggunaan sanitizer menjadi kebutuhan untuk perlindungan diri, terutama jika fasilitas mencuci tangan sulit ditemukan.

Selain itu, penggunaan sanitizer juga berguna untuk menjaga kebersihan barang-barang di sekitar, agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri.

Kendati demikian, laporan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (Perdoski) menunjukkan, ada efek samping yang sering muncul akibat penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol medis secara berulang.

Sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO), kadar alkohol dalam sanitizer minimum 60% agar efektif membasmi virus dan bakteri.

Kandungan alkohol medis tinggi ini berpotensi merusak sel kulit, dan memperlambat proses regenerasi kulit, efeknya, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan iritasi.

dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menambahkan, mencuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun menjadi cara paling efektif untuk membunuh virus Covid-19.

“Tapi ketika fasilitas air bersih sulit ditemukan, penggunaan hand sanitizer cukup efektif dan disarankan, selama mengandung bahan aktif yang terbukti mampu membunuh virus dan bakteri. Apalagi, data kepatuhan orang Indonesia mencuci tangan hanya 75%, jadi hand sanitizer bisa membantu untuk proteksi diri,” ujar dr. Kardiana.

Dr. Kardiana juga memberikan tips agar masyarakat memilih pembersih tangan, yang mengandung bahan desinfektan yang tepat.

Jika menggunakan bahan berbasis alkohol maka kandungan minimalnya 60% dan dapat menggunakan kandungan berbahan natural yang mengandung pelembab, agar kulit higienis namun tidak mudah kering.

Salah satu produk yang mengklaim bisa menjaga kebersihan sekaligus merawat kulit yakni Natural Hand Sanitizer.

Produk ini menggunakan 73% natural alkohol atau alkohol alami, yang efektif membunuh virus dan bakteri tanpa menyebabkan iritasi kulit.

Produk hand sanitizer ini juga mengandung eucalyptus oil dan aloe vera, untuk menjaga kelembutan kulit, dan bersertifikat halal.

“Karena menggunakan alkohol alami, produk Natural Hand Sanitizer efektif membunuh kuman & virus tanpa menyebabkan iritasi kulit. Kemampuannya membunuh virus telah terbukti dari uji laboratorium,” ujar Melani D. Astuti, GM Communication & Content .

Artis ternama sekaligus Brand Ambassador , Alyssa Daguise, mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk mencintai diri sendiri.

Saling mendukung dan menjaga dalam kampanye #MarinaHandsOn #NaturalLindungiCantikmu, dalam rangka merayakan World Hand Hygiene Day.

“Masa tidak menyurutkan padatnya aktivitas saya. Saya memilih untuk menggunakan Natural Hand Sanitizer karena berbasis natural alkohol yang bisa merawat,” ujar Alyssa Daguise.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here