Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaUmat Islam Diperintahkan Mendahulukan Kaki Kanan Saat Memasuki Masjid

Umat Islam Diperintahkan Mendahulukan Kaki Kanan Saat Memasuki Masjid

Bogordaily.net – Masjid adalah rumah ibadah bagi . Masjid artinya tempat bersujud dan sebutan lain masjid adalah , Langgar atau Surau. Masjid berasal dari kata “Sajada” yang berarti sujud atau tunduk.

mengajarkan adab pada umatnya ketika memasuki masjid . Salah satunya diperintahkan memakai pakaian indah saat memasukinya.

” Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid .” (QS. Al-A'raf: 31).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ” Barangsiapa berwudhu untuk , lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan menuju salat fardhu, lalu dia bersama manusia (bersama jamaah di masjid), niscaya Allah ampuni dosa-dosanya “. (HR. Muslim)

Dalam satu hadis disebut bahwa tempat yang paling dicintai (disukai) Allah Ta'ala adalah masjid , dan tempat paling dibenci Allah adalah pasar. Allah Ta'ala berfirman,

” Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk “. (QS. At-Taubah: ayat 18)

Ketika hendak memasuki masjid kita dianjurkan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk masjid .

Sebaliknya, saat hendak keluar masjid maka disunnahkan mendahulukan kaki kiri sambil mengucap doa keluar masjid.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

“Termasuk sunnah ketika masuk masjid adalah mendahulukan kaki kanan. Dan jika keluar dengan mendahulukan kaki kiri”. (HR. Al-Hakim).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here