Abadikan Momen 2020, Pameran Foto Jurnalistik Bogor dalam Bingkai VI Resmi Dibuka

  • Whatsapp
Bingkai
Bupati Bogor, Ade Yasin (kanan) bersama Kurator dari Kantor Berita Antara Hermanus Prihatna, mengapresiasi karya foto jurnalistik yang dipamerkan dalam Pameran Foto Jurnalistik Bogor dalam Bingkai VI (Irania/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Pameran foto jurnalistik Bogor dalam Bingkai VI yang dipersembahkan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor telah resmi dibuka, pada Jumat 11 Juni 2021 di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.

Dengan tema “Bogor dalam Bingkai 2020”, Ketua Pelaksana Pameran Foto Jurnalistik, Mikail Arfin mengatakan ada 80 karya foto tunggal dan 5 karya foto story (cerita) yang ditampilkan di dalam Gedung Tegar Beriman.

Pameran foto jurnalistik tersebut sudah resmi dibuka mulai dari 11-13 Juni 2021. Tak hanya peresmian pembukaannya, pameran tersebut juga mendapat apresiasi yang sangat baik dari Bupati Bogor, Ade Yasin.

“Saya menyambut baik kegiatan Pameran Foto Jurnalistik Bogor dalam Bingkai VI. Karena setiap insan pers harus memiliki kompetensi jurnalistik. Selain itu juga harus mengapresiasi dan menangkap dengan baik suatu momen yang terjadi di masyarakat,” ujar Bupati Bogor, Ade Yasin pada Jumat, 11 Juni 2021.

Ade Yasin mengungkapkan, fotografi ini bukan hanya sekadar indah namun lebih pada pesan yang ingin disampaikannya. Sehingga dibutuhkan pula pengetahuan dan teknis yang matang terhadap dunia fotografi.

Baca Juga  Kini Tersangka, Ada 6 Dana Desa yang di Dikorupsi EH Kades Sukawangi Bogor

Pameran yang dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, juga mendapat sambutan baik.

Bingkai
Foto Jurnalistik Bogor dalam Bingkai VI yang dipersembahkan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI), Bogor pada Jumat,11 Juni 2021 di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.(Istimewa/Bogordaily.net)

Ia bahkan mengharapkan kegiatan pameran foto bisa diadakan di setiap momen Hari Jadi Bogor.

“Pameran Foto Jurnalistik ini masih dalam suasana Hari Jadi Bogor ke-539. Saya berharap, kegiatan Pameran Foto Jurnalistik ini diadakan setiap Hari Jadi Bogor dengan tema yang berbeda. Tak lupa juga disebarluaskan ke masyarakat agar tau dan datang ke pameran,” ujar Burhanudin.

Lanjut Burhanudin mengatakan, masyarakat biasanya lebih tertarik dengan visual yang digambarkan. Seperti pameran foto ini, dibandingkan dengan tulisan. Karena satu foto dapat mengandung seribu makna.

“Kekuatan makna dapat terkandung dalam sebuah foto. Bahkan foto yang sederhana pun bisa saja memiliki makna yang sangat dalam sampai tidak bisa dideksripsikan dengan kata-kata. Ada juga yang menyimpan kisah panjang dibalik pengambilannya,” jelas Burhanudin.

Karya-karya foto jurnalistik yang didalamnya merekam semua peristiwa dalam 2020, tak terlepas peran kurator dari Kantor Berita Antara dalam proses memilah foto yang dipamerkannya.

Salah satu kurator dari Kantor Berita Antara, Hermanus Prihatna mengungkapkan, awalnya ada 800 foto dari PFI Bogor.

Baca Juga  Alhamdulillah Bupati Bogor Negatif Covid-19, Masih Harus Isolasi Mandiri Selama 3 Hari

Kemudian dari 800 foto tersebut, dipilah dan berhasil terkumpul 80 foto yang dipamerkan.

“Dari 800 foto, terpilih 80 foto untuk dipamerkan. Meski 60 persen menyangkut tema pandemi Covid-19. Justru menurut saya ini menjadi wadah media mengingat paling bagus kepada masyarakat terkait peristiwa yang kini masih sama-sama kita berjuang melawannya. Semuanya tergambar dalam visual melalui foto,” papar Kurator dari Kantor Berita Antara, Hermanus Prihatna kepada Bogordaily.net.

Pameran Foto Jurnalistik dalam Bingkai VI tersebut yang menyuguhkan karya-karya hebat dari para pewarta di Kabupaten dan Kota Bogor berlangsung selama tiga hari, juga akan menggelar diskusi bersama fotografer jurnalistik profesional Kristianto Purnomo dari Kompas.

“Hari ini rangkaian kegiatannya hanya peresmian pameran. Besok, 12 Juni 2021 akan diadakannya diskusi terkait “Peran Fotografi dalam Jurnalisik” bersama sang fotografer jurnalistik professional. Perserta yang mengikuti diskusi pun terbatas, tapi tetap terbuka untuk umum. Hal tersebut dikarenakan mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” pungkas Ketua Pelaksana Pameran Foto PFI Bogor, Mikail Arfin.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *