Friday, 19 April 2024
HomeBeritaTingkatkan Layanan, BPJS Cabang Cibinong Lakukan Sosialisasikan Inovasi

Tingkatkan Layanan, BPJS Cabang Cibinong Lakukan Sosialisasikan Inovasi

Bogordaily.net – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor , Kabupaten Bogor terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satunya dengan layanan kepada peserta BPJS di masa .

layanan yang dapat dimanfaatkan peserta BPJS selama masa tersebut dilakukan secara virtual dalam bentuk media gathering pada Selasa, 29 Juni 2021.

Diketahui, BPJS Kesehatan dipilih oleh pemerintah sebagai Badan Hukum Publik di masa pandemi.

Kepala BPJS Kesehatan Cibinong, Ondrio Nas menjelaskan dalam menanggapi perihal tersebut, BPJS Kesehatan akhirnya menyelenggarakan Program (JKN-KIS).

Hal tersebut merupakan solusi dari permintaan guna terus berinovasi, dalam hal kemudahan dan simplifikasi pelayanan.

“Kepuasan peserta menjadi fokus keberlangsungan Program JKN-KIS selama ini. Pelayanan prima diberikan kepada peserta baik itu di fasilitas kesehatan maupun di kantor cabang. Selama masa , pelayanan administrasi memanfaatkan teknologi untuk pelayanan tanpa tatap muka demi menjaga satu sama lain,” papar Ondrio Nas.

Tak hanya itu, dalam sosialisasi tersebut, salah satu informasi yang disampaikan untuk masyarakat yakni harus memahami bahwa, seluruh penduduk Indonesia wajib terdaftar Program JKN-KIS.

Termasuk bayi baru lahir yang diberikan kesempatan selama 3 (tiga) bulan setelah kelahiran untuk terdaftar dengan NIK yang sudah aktif.

Apabila penduduk sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka wajib mendaftarkan sebagai peserta Program JKN-KIS.

Selanjutnya, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) Betty Parapat memaparkan, berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan kepuasan peserta yang selama ini telah menjadi fokus berlangsungnya Program JKN-KIS.

BPJS Cabang
Kepala BPJS Kesehatan Cibinong, Ondrio Nas saat layanan dari BPJS Kantor , kepada peserta BPJS di masa pandemi pada Selasa, 29 Juni 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

“Kami memberikan solusi untuk pelayanan agar selama masa pandemi masyarakat tidak memiliki kendala pelayanan terutama pelayanan administrasi,” ucap Betty.

Ia menambahkan, pelayanan non tatap muka yang ditawarkan antara lain melalui Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Voice Interactive JKN (VIKA), Chat Assistant JKN (CHIKA)

Kemudian, terkait layanan PANDAWA sendiri merupakan layanan yang dijawab langsung oleh petugas, masing-masing kantor cabang memiliki layanan ini dengan nomor yang berbeda.

Maka dari itu untuk mengetahui nomor PANDAWA masing-masing wilayah domisili silahkan akses informasi melalui sosial media resmi BPJS Kesehatan, atau bisa dapatkan informasi melalui layanan CHIKA di nomor 08118750400.

“Sudah seharusnya di masa pandemi ini masyarakat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan kemudahan pelayanan. BPJS Kesehatan terus berfokus pada pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu layanan yang akan berdampak pada tingkat kepuasan peserta,” tutur Betty.

Betty pun mengungkapkan, hal tersebut tak terlepas dari dukungan peran awak media dalam fungsi menyalurkan informasi kepada masyarakat akan salah satu kemudahan layanan.

Diketahui, dalam pelayanan yang digelar BPJS juga mengundang beberapa awak media dalam turut menyebarkan informasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here