Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaDahsyatnya Istighfar Bisa Membuat Rezeki Mengalir Lancar

Dahsyatnya Istighfar Bisa Membuat Rezeki Mengalir Lancar

Bogordaily.net – Terkadang sulit datang bisa karena terhalang dosa. Maka Rasulullah SAW menganjurkan, untuk banyak-banyak mengucap istighfar.

Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan mengubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan, Allah azza wa jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allah anugerahkan rezeki dari jalur yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dan al-Hakim).

Dalam QS 71:  ( Surah Nuh, ayat 10-12 ) Allah berfirman,

” Maka Aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan lebat, dan membanyakkan harta, anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, serta mengadakan untukmu sungai-sungai.”

Imam al-Qurthubi mengatakan ayat ini menunjukkan bahwa Istighfar merupakan salah satu sebab untuk datangnya dan hujan.

Imam Ibn Kasir ketika menafsirkan ayat ini mengatakan,

”Jika kalian bertaubat kepada Allah, minta ampunan-Nya dan menaati-Nya, niscaya akan dibuka jalan , dan akan mengalir air yang membawa keberkahan dari langit, dan menumbuhkan dari bumi segala keberkahannya, berupa tanam-tanaman, serta menyuburkan air susu ibu, pun akan dianugerahkan kepada mereka harta dan anak-anak, kebun-kebun yang subur dengan segala macam buah-buahan, di tengah-tengahnya mengalir air yang tidak pernah berhenti.”

Ini menunjukkan begitu banyak faidahnya. Ayat Al Quran ini pun menjadi Nash untuk memperbanyak istighfar dalam shalat Istisqa' yaitu shalat meminta hujan.

Dari Ibnu Abbas, Ia berkata;

“Dulu, dalam umat ini ada dua jaminan keamanan, yaitu Rasulullah dan Istighfar. Satu jaminan keamanan, yakni Rasulullah sudah tiada, sekarang tinggal satu, yaitu istighfar”.

Ibnu Taimiyah juga mengatakan:

Istighfar akan mengeluarkan hamba dari perbuatan yang dibenci menuju perbuatan yang dicintai. Dari amal yang kurang menuju amal yang sempurna. Mengangkat derajat seorang hamba dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih sempurna.”***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here