Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaDispsiad Berikan Materi Psikologi Lapangan Peserta Komsos TNI AD – KBT

Dispsiad Berikan Materi Psikologi Lapangan Peserta Komsos TNI AD – KBT

Bogordaily.net – Satu bentuk dari kekompakan dalam menyatukan Visi dan Misi antara AD dengan peserta Komunikasi Sosial () Keluarga Besar (KBT) yakni dari Forum Komunikasi Putra- Putri Purnawirawan Indonesia ().

Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) memberikan pembekalan kepada seluruh peserta Komunikasi Sosial yang digelar Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad), Jumat (4 Juni 2021).

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini (2 s.d 4 Juni 2021), selain pembekalan dan ceramah, juga digelar berbagai macam permainan (game) dan kuisioner dari Dispsiad.

Kepala Bagian Pengembangan Kompetensi Dispsiad, Letkol Inf Yoshua Pasaribu mengatakan bahwa pembekalan pada kegiatan Komsos ini dititikberatkan pada psikologi lapangan sebagai upaya untuk membekali para peserta memiliki jiwa korsa, kerja sama dan ikatan emosional yang disalurkan melalui kegiatan yang positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Sebagai Organisasi Massa (Ormas) di bawah pembinaan Pepabri, memiliki tugas yang cukup besar dalam membentuk karakter para anggotanya, hal ini harus diselaraskan dengan visi dan misi dalam pembinaan Putra-Putri Purnawirawan /Polri sebagai bagian dari KBT, ” ujar Letkol Inf Yosua Pasaribu, seperti dikutip Bogirdaily.net dari  Dispenad.

Pembekalan psikologi lapangan ini, sangat penting dikarenakan sebagai organisasi kemasyarakatan, diawaki oleh berbagai tingkatan usia para anggotanya.

Selain itu, dalam kaitannya pembentukan Komponen Cadangan (Komcad), sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam bela negara.

Sementara Sekjen Pengurus Pusat Anna R. Legawati menyampaikan, kegiatan Komsos dengan KBT () ini sebagai sarana menyatukan Visi dan Misi dan menguatkan soliditas sesama anak bangsa dalam bela negara dan mempertahankan keutuhan NKRI.

“Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya terutama dalam membentuk karakter kepemimpinan, kami mendapat pembekalan, dan dilanjutkan dengan implementasi kegiatan di lapangan.” ujar Anna.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here