Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaInnalillahi, Mustasyar PBNU KH A. Nawawi Abdul Djalil Wafat

Innalillahi, Mustasyar PBNU KH A. Nawawi Abdul Djalil Wafat

Bogordaily.net – Pengasuh Sidogiri KH A. Nawawi Abdul Djalil yang juga merupakan salah satu Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul () wafat sekitar pukul 16.40 WIB, Minggu (13 Juni 2021).

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah yang juga sekaligus alumni Pesantren Sidogiri, KH M Cholil Nafis menyatakan dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga mengajak segenap alumni dan umat Islam melakukan shalat ghaib.

“Innalillahi wainna Ilaihi raji'un telah KH A Nawawi bin Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogri, sekaligus Mustasyar ,” ujarnya.

Pesantren Sidogiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban (yang pada 1766 M). Sayyid Sulaiman merupakan keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Nawawi Abdul Djalil melanjutkan kepemimpinan pondok pesantren Sidogiri sejak 2005. Di menggantikan pengasuh Pesantren Sidogiri sebelumnya, KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang pada 2005.

Semasa hidupnya, Nawawi mengasuh Pesantren Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Syariah yang menyebar, terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur.

Nawawi juga dikenal sebagai pengasuh pondok Pesantren Sidogiri yang sangat dekat dengan para santrinya.

Dia kerap mengontrol sendiri kamar-kamar santri di malam hari. Dia menginginkan para santri beribadah dan memuthala'ah (mempelajari) pelajaran di malam hari.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here