Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorJangan Anggap Remeh Gejala Stroke, Kenali Penyebabnya

Jangan Anggap Remeh Gejala Stroke, Kenali Penyebabnya

Bogordaily.net – Tak jarang banyak orang yang menganggap remeh gejala yang ditimbulkan dari stroke. Namun, guna menangkis hal tersebut ada yang perlu diketahui lebih lanjut dari ini.

Bersama dua dokter sekaligus dari , informasi terkait stroke akan dibahas secara lebih rinci dan mendalam.

Dokter spesialis dari , Dr Intan Abhirama mengungkapkan bahwa, stroke merupakan suatu kondisi defisit neurologis fokal ataupun global, yang terjadi secara mendadak dan bertahan lebih 24 jam kemudian berlangsung normal.

“Gejala-gejala defisit fungsi saraf yang diakibatkan oleh pembuluh darah otak, bukan oleh sebab yang lain,” ungkap dr Intan Abhirama.

Ia pun menambahkan, gangguan fungsi syaraf pada stroke disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik.

Gangguan syaraf tersebut menimbulkan gejala antara lain, kelumpuhan wajah atau anggota badan, bicara tidak lancar, bicara tidak jelas (pelo), perubahan kesadaran, gangguan penglihatan, dan lain-lain.

Tragisnya, stroke dapat pula menyebabkan kematian dikarenakan pembuluh darah otak yang mengalami permasalahan.

Stroke sendiri menjadi penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia, setelah jantung iskemik baik di negara maju maupun berkembang.

“Serangan selintas dari menyebabkan kebas atau tak merasakan sebagian tubuh, gerak tubuh melemah tiba-tiba, kesemutan, dan berbicara tidak nyambung atau kata-katanya tidak terstruktur,” ujar dr Intan Abhirama.

Sementara itu, dr Pauline Suwandhi menyebutkan stroke disebabkan oleh empat faktor yakni fisik, mental, sosial, dan spiritual.

Dengan begitu, dr Pauline menyarankan agar masyarakat menjaga pola makan dan pola hidup sehat, dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yakni melakukan aktivitas fisik, perbanyak makan buah dan sayuran.

“Hidup sehat, olahraga, cegah kegemukan, tidak konsumsi alkohol, tidak merokok, kalau ada diabetes kontrol diabetnya, kontrol lemak,” kata dr Pauline.

Kemudian, sejumlah faktor risiko dari segi fisik yang sebenarnya bisa dicegah ialah merokok, kurang aktivitas fisik, pola makan buruk, konsumsi alkohol, kadar kolesterol tinggi, narkotika, obesitas, terapi pengganti hormon, hipertensi, gangguan irama jantung, jantung lainnya, diabetes, dan migrain.

Dr Pauline menambahkan, stroke terjadi apabila pasokan darah ke otak terganggu. Arteri otak (pembuluh darah) yang membawa darah yang kaya oksigen ke otak menjadi tersumbat. Ini merusak bagian otak yang dialiri oleh arteri ini. Sehingga menimbulkan gejala yang bervariasi.

“Tanda-tanda Stroke bervariasi, tergantung lokasi dan besarnya area otak yang terpengaruh. Pada Serangan Iskemik Transien (TIA), yang dikenal sebagai ministroke, gejalanya dapat bertahan hingga 24 jam,” pungkas dr Pauline.

Maka, dua dokter spesialis dari menyarankan dengan cara yang sangat mudah untuk melakukan perubahan pola makan demi mengendalikan tekanan darah, level kolesterol dan level gula darah yang berpengaruh pada pembuluh darah otak. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here