Kampus Unggul Bersyariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah

Menu

Mode Gelap
Bansos Tak Tepat Sasaran, Puluhan Emak-emak Geruduk Balai Desa Pacu Adrenalin, Wisata Air Curug Kiara Cocok Jadi Pilihan Yuk Rajin Periksakan Gigi ke RSUD Kota Bogor! Punya Modal Arsitek dan Kepala Daerah, Ridwan Kamil Digadang Jadi Kepala IKN Kota Bogor Terus Lanjutkan Vaksinasi Booster

Advetorial · 16 Jun 2021 17:05 WIB

Kampus Unggul Bersyariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah


 Dosen Jurusan Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan dan Prodi PAI, Dr. M. Hidayat Ginanjar, yang sudah mengajar sejak bulan Maret 2005 di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Dosen Jurusan Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan dan Prodi PAI, Dr. M. Hidayat Ginanjar, yang sudah mengajar sejak bulan Maret 2005 di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor merupakan kampus unggul yang berbeda dari yang lainnya, terutama dalam mewujudkan visinya sebagai kampus bersyariah yang ada di Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan oleh dosen Jurusan Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan dan Prodi PAI, Dr. M. Hidayat Ginanjar, yang sudah mengajar sejak bulan Maret 2005.

“Alhamdulillah saya sangat senang menjadi bagian dari civitas akademik STAI Al Hidayah Bogor, yang merupakan kampus unggul dan bersyariah,” ucap Ginanjar.

Kini Ginanjar telah mengajar mahasiswa semester ganjil di semester III, V, VII dan semester genap semester IV, VI, VIII.

Menurutnya, selama mengajar fasilitas STAI Al Hidayah Bogor sudah memadai untuk proses pembelajaran.

“Untuk fasilitas pembelajaran yang tersedia saat ini menurut saya sudah memadai, namun untuk pengembangan kedepannya tentunya masih diperlukan tambahan terutama sarana pembelajaran mandiri bagi mahasiswa dan dosennya,” ujarnya.

Lanjutnya, begitu juga sistem informasi akademik untuk saat ini sudah memadai tinggal dimaintenannce yang baik, agar lebih efektif penggunaannya.

Selama mengajar, Ginanjar mengungkapkan tidak memiliki kesulitan secara teknis.

“Alhamdulillah selama ini tugas-tugas dalam melaksanakan tridharma tidak mengalamai kendala, meskipun di masa pandemi covid-19 pembelajaran dapat terselenggarakan dengan sistem daring karena memang di kampus sudah disediakan medianya,” ungkapnya.

Selain itu, sikap dosen-dosen lainnya yang baik, menunjang pembelajaran dan meningkatkan komunikasi baik antara sesama.

“Alhamdulillah di kampus unggul ini saya merasakan ada suasana kekeluargaan dan persahabatan yang baik di kalangan dosen maupun mahasiswanya, suasana diskusi dan sharing pengetahuan terasa hidup. Hal ini terjadi tidak hanya pada saat perkuliahan berlangsung namun pada interaksi sosial, misalnya dalam kondisi lagi intirahat atau lagi santai sekaligun nuansa persahabatan itu terasa,” ungkapnya.

Terlebih, jika kegiatan forum ilmiah misalnya kegiatan seminar/webinar, pelatihan, rapat dosen dan kegiatan lainnya terasa dan nampak ada budaya ilmiah yang sangat kondusif.

“Saya merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari kampus STAI Al Hidayah, karena di kampus ini budaya akademiknya terasa Islami, contohnya pada waktu-waktu shalat misalnya dzuhur & ashar maka seluruh dosen dan para mahasiswanya menghentikan seluruh aktifitas belajarnya, untuk segera melaksanakan shalat berjamaah di masjid kampus Al Hidayah,” paparnya.

Lanjutnya, di kampus STAI Al Hidayah Bogor pergaulan sosialnya sangat terjaga, terlihat tertib antara laki-laki dan wanita tidak bercampur baur tapi masing-masing dapat menempatkan diri pada komunitasnya, jadi tidak ada ikhtilath atau pencampur bauran antara mahasiswa dengan mahaiswi.

“Kemudian, begitupun dalam hal berbusana terlihat bahwa mereka sudah ada kesadaran yang baik dalam mengenakan busana yang syar’i. Pada sisi lainnya, saya merasakan di kampus ini ada semangat kebersamaan di kalangan dosennya dalam memajukan dan mengembangkan kampus STAI Al-l Hidayah Bogor,” kata Ginanjar.

Dirinya mengatakan, dalam waktu dekat STAI Al Hidayah Bogor akan bertransformasi menjadi Institut Sains Islam Al Hidayah Bogor, dan kelihatannya adaya upaya-upaya yang serius untuk mewujudkan pengembangan tersebut.

Menurut Ginanjar, yang membedakan STAI dengan kampus lainnya karena memiliki keunikan tersendiri.

“Semenjak saya bergabung di STAI Al Hidayah Bogor, hal-hal yang menjadi keunikan kampus ini dibanding kampus lainnya yaitu budaya akademiknya, disini nuansanya terasa islami, pergaulannya terjaga, ghirah belajar kepada ilmu agama sangat tinggi,” paparnya.

Selain itu, ada nuansa semangat kebersamaan di kalangan para dosennya dalam memajukan kampus STAI Al Hidayah.

“Saya dan teman-teman dosen lainnya juga merasa senang karena pimpinan kampus STAI Al Hidayah Bogor begitu perhatian terhadap pengembangan karir para dosen maupun tenaga kependidikannya, dan nampaknya perhatian pimpinan kepada para dosen maupun tenaga kependidikan, telah berimplikasi pada peningkatan kinerja secara institusi STAI Al Hidayah,” ujarnya.

Kata Ginanjar, terbukti pada tahun 2017 dan tahun 2020 STAI Al Hidayah Bogor diberi penghargaan oleh Kopertais II Jawa Barat, sebagai kampus terbaik kesatu untuk klaster sekolah tinggi di Jawa Barat.

Itu artinya kampus Al Hidayah Bogor memang terbukti memiliki keunggulan, maka sangatlah beruntung bagi para mahasiswa yang telah memilih kampus ini sebagai tempat kuliahnya.

“Harapan saya, semoga kampus ini ke depannya semakin maju, makin banyak prestasinya, mencapai visi dan misinya, dan menjadi tempat studi yang tepat untuk masyarakat luas, baik untuk warga Bogor maupun dari luar Bogor,” pungkasnya. Adv

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Dua Pasien Positif Covid-19 Varian Omicron Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 19:58 WIB

Kisah Ibu Kota Negara Tetangga, Pemerintah Belajar Dari Myanmar

22 Januari 2022 - 12:24 WIB

Negara

Gempa Bumi Guncang Melonguane Sulawesi Utara dengan 6,1 Magnitudo

22 Januari 2022 - 11:38 WIB

susulan

Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 15 Januari 2022

15 Januari 2022 - 06:44 WIB

lokasi

Prakiraan Cuaca Bogor Hari ini, Diprediksi Hujan Sedang Hingga Malam Hari

15 Januari 2022 - 06:38 WIB

Kota Bogor Akan Cerah Berawan

Buntut Menendang Sesajen di Semeru, Hadfana Firdaus Dijerat Pasal Berlapis

14 Januari 2022 - 15:38 WIB

Trending di Headline