Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalKendalikan Banjir Kementerian PUPR Benahi Sungai di Kecamatan Lumbis Pansiangan

Kendalikan Banjir Kementerian PUPR Benahi Sungai di Kecamatan Lumbis Pansiangan

Bogordaily.net – Pemerintah Pansiangan mendapat dukungan tentang laporan pendahuluan Paket Pekerjaan Kontruksi Detail Engineering Design (DED) Pengendalian Banjir dan Perkuatan Tebing Sungai , Pansiangan Desa Labang.

Hai itu disampaikan , ., saat mengikuti rapat bersama Kementerian PUPR Direktorat Sumber Daya Air, Balai Wilayah Sungai Kalimantan V di Tarakan.

Dalam sesi dialog untuk mendapatkan fedback (masukan dan saran) Lumbis mengatakan, bahwa banjir kiriman Malaysia di Labang, sangat deras dengan kecepatan debit air rata-rata 50-60Km/Jam.

 Kecamatan Lumbis

“Mengakibatkan erosi pada tanah di bibir sungai yang akhirnya mengakibatkan tanah longsor dan sudah banyak rumah warga yang hanyut, tidak saja diterjang derasnya air banjir tetapi juga karena longsor,” ujar , Lumbis.

Lumbis menambahkan, pasca air surut ditambah kontur tanah pemukiman masyarakat di 5 desa yang tergabung di kelompok Labang, berada pada lereng sungai (lereng gunung) yang tentunya rawan longsor.

“Pembanguan penguatan tebing sungai di Labang, selain untuk penahan dari terjangan banjir yang sangat deras dan longsor juga bermanfaat untuk penataan pemukiman Labang sebagai pusat pemerintahan Pansiangan,” katanya.

Kecamatan Lumbis

Disampaikan Lumbis, hal itu merupakan penopang atau pendukung secara fungsional keberadaan PLBN Labang. Sebagai upaya Negara menata (mempercantik) wajah berbatasan Indonesia untuk menjaga maruah dan martabat bangsa dan Negara Indonesia.

“Banjir sungguh momok yang menakutkan masyarakat, karena pemukiman di pinggir sungai yang bertebing rawan longsor selama ini sudah banyak rumah warga rumah yang hanyut dan terbawah banjir,” paparnya.

Terlebih lagi, ketika air surut pasti longsor karena akibat erosi aliran air banjir yang deras.

“Terima kasih atas Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Kementerian PUPR dan BNPP dorongan dan support,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan V Kementerian PUPR, Bappeda Kabupaten Nunukan yang diwakili oleh Ibu Andi Astuti, Pimpinan PT. Manggala Karya Bangun Sarana sebagai pihak ke Konsultan yang bertanggung jawab membuat DED rencana kontruksi tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here