Lelang Pembangunan Alun-Alun Bogor Senilai Rp13,6 Miliar Disabet Perusahaan dari Garut

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Headline · 16 Jun 2021 09:10 WIB

Lelang Pembangunan Alun-Alun Bogor Senilai Rp13,6 Miliar, Disabet Perusahaan dari Garut


 Pembangunan Alun-alun Kota Bogor di lokasi Eks Taman Topi, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah akan segera dirampungkan. Taman Topi itu kini sudah pindah ke Kak Gunung Salak (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Pembangunan Alun-alun Kota Bogor di lokasi Eks Taman Topi, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah akan segera dirampungkan. Taman Topi itu kini sudah pindah ke Kak Gunung Salak (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kontraktor asal Kota Bogor seolah tak berdaya, pembangunan Alun-Alun Kota Bogor di lahan eks Taman Topi, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah  senilai Rp13,6 Milyar akhirnya dikerjakan oleh perusahaan asal Garut.

Meski sempat terkendala karena pandemi Covid-19, pada akhir Mei 2021 sudah didapatkan pemenang lelang pembangunan. Saat ini, sedang dalam masa persiapan pembangunan.

“Pemenang lelang dari proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor merupakan perusahaan asal Kabupaten Garut, Jawa Barat bernama PT Samudera Adi Nusantara,” ucap Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim pada Senin, 14 Juni 2021.

Dedie mengatakan, bahwa Alun-alun Kota Bogor sedang dalam proses dikerjakan. Jadi pemenang lelangnya sudah ada. Masa sanggah sudah lewat, sudah tanda tangan kontrak dan sudah memulai persiapan pembangunan yang akan segera dimulai.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih mengatakan bahwa besar anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan alun-alun yakni sebesar Rp13,6 miliar. Dengan masa kerja selama 180 hari atau enam bulan.

“Dalam pembangunan Alun-alun Kota Bogor, akan ada empat segmen. Segmen tersebut akan dibangun mulai dari zona Botani, atau area hutan kota. Kemudian, zona Plaza utama,” ungkap Juniarti Estiningsih.

Ia menambahkan, akan adanya zona Religi yang akan menjadi area pelataran Masjid Agung dan zona rekreasi atau area penunjang mulai dari area olahraga, area bermain dan area lainnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota, Dedie A. Rachim kembali menjelaskan pembangunan alun-alun itu dinilai penting karena sejalan dengan program Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat, yang tengah membangun proyek double track atau rel ganda Bogor-Sukabumi.

Tak hanya itu, rencananya BTP Jawa Barat pun akan membangun sky bridge yang rencananya mulai dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Paledang.

“Kita akan menata keseluruhan area untuk bisa waktunya bersamaan dengan selesainya jalur double track Bogor-Sukabumi. Karena di situ juga akan ada sky bridge antara Stasiun Kota Bogor sampai Stasiun Paledang. Jadi kalau kami tidak tata bersamaan, khawatir pekerjaan fisiknya nanti tidak sinkron,” ujar Dedie.

Pemkot Bogor rencananya akan terus menata beberapa titik area dan jalur pedestrian di Kota Bogor yang selama ini ditempati oleh para pedagang kaki lima (PKL). Beriringan dengan menata kawasan tersebut, para PKL direlokasi ke sejumlah tempat.

“Jadi, banyak titik-titik yang harus dan akan kami tata,” pungkas Dedie.***

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Nikmati Berbagai Acara di Kafe Tertinggi Kota Bogor

28 September 2022 - 16:06 WIB

Tempat Jual Bayi di Ciseeng Bogor Ternyata Berkedok Yayasan!

28 September 2022 - 14:28 WIB

Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Diserahkan di Kota Bogor

28 September 2022 - 13:52 WIB

Tim Kurator Upayakan Penghentian Eksekusi Aset Debitur Pailit di Jakarta Pusat

28 September 2022 - 11:43 WIB

Viral, Warung Super Mahal, Teh Rp25 Ribu, Bakso Semangkok Rp100 Ribu

26 September 2022 - 12:10 WIB

Rangkaian Kronologis Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

26 September 2022 - 09:22 WIB

Trending di Nasional