Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaMarkis Kido Salah Satu Pebulutangkis Muslim Juara Dunia

Markis Kido Salah Satu Pebulutangkis Muslim Juara Dunia

Bogordaily.net – Mantan pebulutangkis Nasional dan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido meninggal dunia.

Markis Kido mengalami serangan jantung saat sedang bermain bulu tangkis di Tangerang, Senin (14 Juni 2021).

Markis menorehkan segudang prestasi sepanjang kariernya sebagai atlet bulutangkis. Ia merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Markis merupakan satu dari delapan pebulu tangkis Indonesia yang jadi juara dunia. Sejauh ini, ada delapan atlet bulutangkis beragama Islam yang berhasil menjadi juara dunia.

Beberapa Pebulutangkis Indonesia yang sukses naik ke podium tertinggi pada Kejuaraan Dunia Badminton World Federation (BWF), bersumber dari BolaSport sebagai berikut;

Pebulutangkis
Icuk Sugiarto (foto. Istimewa/Bogordaily.net)

Pebulutangkis pertama dari Indonesia yang berhasil menjadi juara dunia ialah Icuk Sugiarto. Ayah kandung pebulu tangkis Tommy Sugiarto dan Jauza Fadhila Sugiarto ini meraih prestasi tersebut pada tahun 1983.

Pebulutangkis
Joko Suprianto ( foto. Istimewa/Bogordaily.net)

Selang satu dekade atau 10 tahun kemudian, Indonesia akhirnya kembali memiliki juara dunia yang beragama Islam yakni Joko Suprianto pada tahun 1993

Pebulutangkis Indonesia berikutnya yang menjadi juara dunia ialah pemain ganda putra, Ricky Subagja.

Menariknya, Ricky meraih gelar bergengsi ini secara beruntun alias back-to-back dan dengan pasangan yang berbeda.

Pebulutangkis
Ricky Subagja (foto. Istimewa/Bogordaily.net)

Pada tahun 1993, Ricky naik ke podium bersama Rudy Gunawan. Dua tahun kemudian 1995, Ricky kembali menjadi juara bersama Rexy mainaky.

Sigit Budiarto menjadi pebulu tangkis Indonesia keempat yang menjadi juara dunia pada tahun 1997. Turun sebagai pemain ganda putra bersama Candra Wijaya.

Pebulutangkis
Sigit Budiarto (foto. Istimewa/ Bogordaily.net)

Sigit meneruskan tradisi juara dunia dari nomor tersebut yang berjalan sejak tahun 1993.

Indonesia kembali memiliki juara dunia yakni, Taufik Hidayat. Selain sukses meraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004.

Taufik juga berhasil menjadi juara dunia. Hebatnya, dua titel bergengsi tersebut didapat Taufik dalam dua tahun beruntun.

Pebulutangkis
Taufik Hidayat (foto. Istimewa/Bogordaily.net)

Medali emas Olimpiade pada tahun 2004, gelar juara dunia pada tahun 2005. Taufik naik ke podium dan mengibarkan bendera Merah Putih.

Pebulutangkis
Markis Kido (foto. Istimewa/ Bogordaily.net)

Pebulutangkis Indonesia berikutnya yang menjadi juara dunia ialah Markis Kido. Turun pada nomor ganda putra bersama Hendra Setiawan, Kido sukses meraih titel jawara dunia pada tahun 2007.

Mohammad Ahsan mungkin bukan pebulutangkis Indonesia pertama yang menjadi juara dunia. Namun, Ahsan adalah pebulu tangkis pertama sekaligus satu-satunya.

Pebulutangkis
Mohammad Ahsan (foto. Istimewa/Bogordaily.net)

Sampai saat ini yang mampu meraih gelar juara dunia sebanyak tiga kali yakni Ahsan yang mendapatkannya bersama Hendra Setiawan pada tahun 2013, 2015, dan 2019.

Selain tunggal dan ganda putra, Indonesia juga memiliki pemain yang menjadi juara dunia pada nomor ganda campuran. Dia adalah Tontowi Ahmad yang sukses meraih titel juara dunia bersama Liliyana Natsir pada tahun 2013 dan 2017.

Pebulutangkis
Tontowi Ahmad (foto. Istimewa/Bogordaily.net)

Pada tahun 2013, Tontowi naik ke podium juara dengan Liliyana usai mengalahkan wakil China. Sosok yang akrab disapa Owi itu lalu kembali meraih gelar juara dunia pada tahun 2017.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here