Wednesday, 29 May 2024
HomeBeritaMengenal Istilah Jama dan Qashar

Mengenal Istilah Jama dan Qashar

Bogordaily.net – Biasanya dalam perjalanan akan mendengar istilah dan Qashar. Untuk melaksanakan dalam perjalanan istilah ini dipergunakan

Berikut ini merupakan pengertian dari dan Qashar, yang dinukil dari buku Haji dari masa ke masa yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Seperti dikutip dari Republika.

artinya mengumpulkan, yaitu mengumpulkan dua shalat wajib yang dikerjakan dalam satu waktu yang sama. Sementara itu untuk Shalat yang dapat di ' adalah Dzuhur dengan Ashar dan Magrib dengan Isya.

Qashar artinya mendekatkan shalat. Shalat empat rakaat menjadi dua rakaat. Adapun Shalat yang empat Rakaat yaitu, Dzuhur, Ashar dan Isya. Ketentuan ini hanya boleh dibolehkan dalam waktu Safar.

Shalat terbagi menjadi dua bagian yaitu;

Taqdim yakni mengumpulkan dua waktu shalat dikerjakan pada waktu shalat yang terdahulu. Seperti contoh: Dzuhur dengan Ashar dikerjakan pada waktu Dzuhur.

Ta'khir yakni mengumpulkan 2 waktu shalat dikerjakan pada waktu shalat yang terbelakang. Contohnya Dzuhur dengan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar.

Untuk Shalat Qashar adalah dua shalat fardu dikerjakan bersama dengan memendekan rakaat-rakaat shalat menjadi dua rakaat (Dzuhur, Ashar, dan Isya) dan shalat Qasar dapat saja menjadi Taqdim atau Ta'khir.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here