Mengenal Jenis Tumor dan Kanker pada Tulang Bersama RS Azra Bogor

  • Whatsapp
Jenis
Gambaran bentuk jaringan tubuh kaku yang terdiri dari sel-sel yang tertanam, dalam antar sel keras yang berlimpah sehingga lebih dikenal dengan sebutan tulang.(Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Dokter Spesialis Ortopaedi Rumah Sakit (RS) AZRA, dr.Yanuar T Sastranegara SpOT., akan membagikan info penting terkait jenis tumor dan kanker pada tulang manusia.

Tanpa disadari, manusia bisa saja mengalami salah satu tumor yang ada pada tulang. Salah satunya tumor “muskuloskeletal” atau dapat dikenal dengan tumor tulang.

Dokter Spesialis Ortopaedi RS AZRA, dr.Yanuar T Sastranegara SpOT., mengatakan, tumor tersebut merupakan penyakit yang relatif jarang ditemukan, namun termasuk dalam masalah kesehatan yang serius.

Meski begitu, tumor yang timbul di tulang tidak semua ganas dan beresiko tinggi. Tidak pula tumor tersebut berasal dari jaringan tulang itu sendiri (primer).

Tulang primer hanya terjadi sekitar 0,2-2,5 persen dari semua keganasan pada semua usia.

Menurut Dokter Spesialis Ortopaedi RS AZRA, dr.Yanuar T Sastranegara SpOT., jenis tumor tulang dibedakan ke dalam asal dan keganasannya terdiri yakni :

1. Tumor Tulang Jinak
Ada beberapa tumor tulang yang jinak dan dapat disembuhkan dengan tindakan operasi contohnya tumor osteochondroma, osteoid osteoma dan enchondroma. Tumor ini biasanya berkembang pada masa kanak-kanak dan remaja, terutama pada bagian ujung tulang panjang, seperti lengan dan tungkai.

2. Tumor Tulang Metastasis
Metastasis tulang adalah suatu kondisi di mana sel kanker telah berpindah dari daerah asal dan menetap pada tulang manapun di tubuh sehingga terbentuk tumor baru.

Kondisi ini berbeda dari jenis kanker lain yang bermula pada tulang. Jenis tumor ini yang timbul di tulang karena akibat metastasis (perpindahan penyakit) dari tumor primer ditempat lain, seperti kanker tiroid, kanker payudara atau kanker paru.

Baca Juga  Ikuti Workshop Senam Hamil Gratis dari Rs Azra Bogor

3. Kanker darah
Pada jenis kanker lain, terkadang disebut “kanker tulang”. Awalnya dimulai pada sel sel pembentuk darah sumsum tulang, bukan di tulang itu sendiri. Kanker ini paling umum yang dimulai di sumsum tulang dan menyebabkan tumor tulang disebut multiple myeloma.

Sedangkan kanker lainnya yang dimulai di sumsum tulang ialah disebut leukimia ataupun kadang-kadang Limfoma, yang lebih sering dimulai di kelenjargetah bening.

4. Kanker Tulang
Tumor tulang sejati (primer) merupakan tumor yang dimulai di tulang itu sendiri. Tumor tersebut merupakan merupakan tumor yang ganas sehingga disebut menjadi kanker tulang.

Kanker tulang atau yang disebabkan dari tulang itu sendiri, dibedakan melalui berbagai jenis kanker tulang primer. Biasanya dinamai berdasarkan bagian tulang atau jaringan terdekat yang terpengaruh dan jenis sel yang membentuk tumor. Seperti :

1. Osteosarkoma (juga disebut sarkoma osteogenik) adalah kanker tulang primer yang paling umum. Ini dimulai di sel sel tulang. Ini paling sering terjadi pada anak muda antara usia 10 dan 30, tetapi sekitar 10 persen kasus osteosarkoma berkembang pada orang berusia 60-an dan 70-an.

Kejadian ini jarang terjadi pada orang paruh baya dan lebih umum terjadi pada laki laki daripada perempuan. Tumor ini paling sering berkembang di tulang lengan, kaki dan panggul.

Baca Juga  Kupas Tuntas Penanganan Nyeri Bersama RS Azra Kota Bogor

2. Chondrosarcoma, Kanker tulang ini dimulai dari sel tulang rawan. Kanker jenis ini termasuk dalam kanker tulang primer kedua yang paling umum.

Kanker ini jarang terjadi pada orang yang lebih muda dari 20 tahun. Setelah melewati usia 20 tahun, risiko yang mendapatkan chondrosarcoma naik hingga sekitar usia 75,wanita mendapatkan kanker ini sesering pria.

Kanker jenis Chondrosarcomas ini bisa mulai dari mana saja. Paling sering berkembang di tulang seperti panggul, kaki atau lengan. Meski kadang kadang chondrosarcoma dimulai di trakea, laring atau dinding dada. Tempat lainnya yakni pada skapula (tulang belikat), tulang rusuk atau tengkorak.

3. Ewing tumor, kanker tulang primer ketiga yang paling umum dan yang kedua paling umum pada anak anak, remaja dan dewasa muda. Ini jarang terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dari 30 tahun.

Kanker yang disebut sarkoma ewing ini berawal dari nama dr. James Ewing yang pertama kali menggambarkannya pada tahun 1921.

Sebagian besar tumor ewing berkembang biak di tulang, tetapi mereka dapat mulai di jaringan atau organ lain.

Tempat yang paling umum yang menjadi tumbuh berkembangnya kanker ini yakni panggul, dinding dada (seperti tulang rusuk atau tulang belikat), dan tulang panjang kaki atau lengan.

Tumor ewing paling sering terjadi pada orang kulit putih dan sangat jarang terjadi di kalangan orang Afrika Amerika dan Asia Amerika. Adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *