Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMenpora Amali : The 6th Virtual ICPESS 2021 Lahirkan Pemikiran Untuk Kemajuan...

Menpora Amali : The 6th Virtual ICPESS 2021 Lahirkan Pemikiran Untuk Kemajuan Olahraga

Bogordaily.net – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik ( RI), Zainudin Amali berbicara tentang pentingnya olahraga dan penerapan Sport science di dalamnya.

Hal tersebut disampaikan Amali saat menjadi Keynote Speaker dalam International Conference of Physical Education and Sport Science (6th ICPESS) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) secara virtual, Kamis 10 Juni 2021.

“Di era sekarang, olahraga tidak bisa dilepaskan dengan dukungan penuh sport science yang secara universal dapat diterapkan oleh semua negara. Sport science dapat mengukur secara teknologi tentang pengembangan jiwa kejujuran dan rasa kebersamaan antar sesama,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik ( RI) Zainudin Amali.

Pada kesempatan ini, Amali memaparkan bahwa olahraga merupakan fenomena sosial budaya dan sebuah upaya untuk dapat menyehatkan kehidupan bermasyarakat.

“Karena olahraga merupakan produk sosial dan budaya yang memiliki makna nyata bagi individu, komunitas, dan masyarakat. Melalui olahraga kita dapat membentuk masyarakat yang sehat, membentuk sportivitas individu, komunitas dan masyarakat, serta meningkatkan produktivitas suatu bangsa,” ujarnya.

Amali juga menyampaikan bahwa sebagai negara berkembang, harus memperhatikan kesehatan jasmani masyarakatnya karena pendidikan Jasmani mengajarkan tentang kesadaran lingkungan hidup serta melestarikan nilai-nilai kehidupan yang selalu dibutuhkan manusia.

“Pendidikan Jasmani berperan dalam membentuk jiwa nasionalisme dan kepribadian bangsa yang cinta tanah air sesuai dengan falsafah Pancasila, yang dituangkan dalam Sumpah Pemuda,” ucapnya.

Selanjutnya, Amali menyampaikan bahwa apresiasi dan juga terimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia juga berterimakasih kepada semua pembicara dan para ahli Sport Science yang meluangkan waktu dan pemikirannya dalam seminar ini.

Menpora Amali mengatakan, pihaknya mendukung penuh penyelenggaran The 6th Virtual International Conference of Physical Education and Sport Science dan menghasilkan pemikiran yang dapat memajukan olahraga.

“Saya berharap kegiatan besar ini tidak hanya merupakan pelaksanaan konferensi tapi juga akan menghasilkan beberapa pemikiran yang sudah disepakati oleh para ahli dunia dalam bidang Sport Science dalam rangka mengolahragakan masyarakat. Sehingga kebijakan yang akan diambil dan diimplentasikan oleh Kemenpora kedepan sudah berdasarkan hasil kajian para ahli Pendidikan Jasmani,” pungkasnya.

Kegiatan ini digelar dari tanggal 10 hingga 13 Juni 2021. Hadir dalam ini Founder and President, The Foundation for Global Community Health, Mr. Ming-kai Chin. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komarudin, dan Direktur Pascasarjana UNJ Nadiroh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here