Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMusim Hujan, Lindungi Tubuhmu dengan Pakaian Hangat

Musim Hujan, Lindungi Tubuhmu dengan Pakaian Hangat

Bogordaily.net – Akhir-akhir ini hujan turun begitu deras di Bogor. Sudah tak aneh dengan kondisi yang sering diguyur hujan, alangkah baiknya melindungi tubuh agar tetap hangat sehat pada musim hujan.

Seperti yang pernah dikabarkan Kabag Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG), Taufan Maulana mengungkapkan bahwa diperkirakan curah hujan akan meningkat hingga 40 persen, hal tersebut dikarenakan fenomena iklim “Global La Nina”.

La Nina terakhir pada tahun 2010, di mana untuk wilayah Indonesia dikenal sebagai tahun basah karena hampir terkesan tidak ada kemarau sepanjang tahun akibat curah hujan yang berlebih.

Cuaca yang sedang tidak bersahabat, membuat kondisi kekebalan tubuh menjadi rentan terkena penyakit di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda bahkan saat ini sudah sampai pada 780 ribu kasus.

Oleh sebab itu, kamu mesti berjaga-jaga agar kondisi badan dan kekebatan daya tahan tubuh tetap fit. Ditambah beragam penyakit yang ada saat musim penghujan.

Berikut langkah untuk melindungi anggota tubuhmu di musim hujan :

1. Segera Mandi dan Keramas agar Kepala Tidak Pusing

Dikutip dari halodoccom, tingkat keasaman yang lebih besar dari gas ditemukan pada hujan yang turun rintik-rintik. Mandi dan keramas berguna untuk menghilangkan senyawa asam yang dibawa oleh air hujan

2. Rajin Cuci Tangan dan Cuci Kaki

Langkah ini ditegaskan oleh Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), dokter Cissy B. Kartasasmita dalam sebuah acara, bahwa mencuci tangan juga menjadi salah satu langkah pencegahan influenza akibat virus influenza di musim hujan.

Cuci kaki juga sangat perlu untuk menghilangkan kuman maupun bakteri yang menempel dari air hujan di kaki.

3. Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Sebagian besar virus maupun kuman dapat masuk ke tubuh melalui hdung, mata, dan mulut. Jangan terlalu sering menyentuh area wajah dalam keadaan tangan yang kotor, agar mengurangi risiko timbulnya jerawat.

4. Gunakan Pakaian yang Cocok

Pakaian juga dapat memengaruhi di musim penghujan. Baju tipis dan transparan rasanya kurang begitu cocok dikenakan pada musim seperti sekarang ini. Untuk itu, cobalah memakai pakaian yang lebih tertutup untuk menjaga suhu badan agar tetap stabil.

– Baju Panjang
Memakai baju berlengan panjang merupakan hal yang sudah sepatutnya kamu kenakan. Cuaca yang dingin di musim hujan membuat kamu mau tidak mau memakai baju berlengan panjang.

Tak masalah, selagi bahannya membuat nyaman, dinginnya angin tidak begitu sedingin yang kamu rasakan ketika pakai baju berlengan pendek.

-Jaket atau Hoodie
Jaket membuat tubuh untuk menghalau angin dingin yang masuk ke dalam tubuh. Jaket juga membuat suhu tubuh menjadi tetap hangat.

Mulai dari model jaket yang bermacam-macam, itu bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan gaya kamu. Selain memberikan kehangatan ekstra, tampilanmu tak kalah keren.

-Baju Rajut
Rajut yang terbuat dari rajutan benang kapas memberikan kelembutan dan kehangatan pada kulit. Dari bahannya yang lembut, cocok pula dipakai pada musim hujan.

Baju rajut ini juga dapat dipakai semua kalangan dari anak kecil hingga orang tua, sebab kain rajut ini tidak akan melukai kulit.

-Celana Hangat Tebal
Disaat musim hujan, hindari pakaian yang tipis. Celana yang tebal ini tentu yang memberikan kehangatan untuk tubuh kamu ya. Jangan sampai malah membuat kamu merasa tidak nyaman.

Hindari celana yang terlalu panjang ya, agar tidak terkena air yang banyak menggenang di jalan.

Sementara itu, seperti yang disebutkan Badan Dunia atau WHO, air yang terkontaminasi dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Mulai dari diare, kolera, hingga demam tifoid. Air hujan yang deras bisa saja mengalir dan membawa air yang terkontaminasi bahan-bahan, yang berasal dari kotoran-kotoran hewan hingga bakteri di dalamnya yang sekilas terlihat jernih.

Oleh karena itu, selalu bersihkan tubuh saat pulang sehabis berpergian di musim hujan. Bersihkan dengan sabun dan air bersih. Tetap jaga ya!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here