Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Kenakan Baju Adat

Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Kenakan Baju Adat

Bogordaily.net – Presiden Joko Widodo () menjadi pemimpin peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar pada Selasa 1 Juni 2021.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diselenggarakan secara virtual, mengingat Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pada tersebut tampak memakai jas bewarna hitam dengan ornamen emas, ditambah dengan Sarung Tenun khas.

Pada sambutannya Presiden RI ini mengungkapkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Meskipun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan masyarakat Tanah Air, namun berpendapat sepanjang Republik Indonesia ini berdiri tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan.

“Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” kata Jokowi dari Istana Kepresidenan di Bogor, Selasa (1/6/2021).

Perkembangan global pun, lanjut Jokowi tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” tegas dia.

Diketahui, ini juga diikuti sejumlah anggota TNI, Polri, tenaga kesehatan dan para pelajar yang dipusatkan langsung di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.Dalam peringatah Hari Lahir Pancasila ini bertindak sebagai perwira yakni Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya. Komandan yakni Kolonel Infantri Muhammad Imam.

Sebagai informasi, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga bertugas untuk membacakan Pancasila. Sementara Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945.

Sedangkan untuk Pembacaan doa dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy dari Gedung Kemenko PMK, Jakarta.(kompas)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here