Friday, 29 March 2024
HomeBeritaRaih Peluang, Kini Dipercayakan Handle Bar di Bogor

Raih Peluang, Kini Dipercayakan Handle Bar di Bogor

Bogordaily.net – Tiap kesempatan yang datang, harus bisa dimaksimalkan dengan . Sebab, ada suatu pepatah yang menyatakan, kesempatan tidak datang dua kali.

Seperti kisah dari , Wahyu Pratama atau dipanggil Qway.

Mengulang memori dari kisah perjalanan hidup Qway hingga saat ini impiannya terwujud, berawal dari adanya kesempatan untuk mengisi posisi di salah satu tempat karoke daerah Jakarta Selatan.

“Awalnya masih jadi housekeeping sebelum terjun ke dunia . Ada kesempatan saat itu Bos di bagian dialih tugas ke office. Ditunjuk lah saya yang saat itu jadi posisi waiters untuk mengisi bagian untuk pertama kalinya,” ucap Qway.

Di tahun 2015, menjadi awal tahun kesempatan untuk Qway untuk menyelam lebih dalam di dunia Bar.

Qway saat itu berkesempatan untuk pindah tempat ke Bar yang lebih besar atau istilahnya Bar Full Set Up. Meski saat itu posisi Bartender yang sudah diraihnya, harus turun jabatan menjadi Bar Back.

Istilah Bar Back mengacu pada asisten bartender, yang dinilai penting untuk menjaga pendirian bar harus sibuk bergerak dengan cepat, agar pelanggan dilayani tepat waktu.

Bar Back pada umumnya ditempatkan di ruangan belakang Bar. Namun, dari situlah Qway banyak mempelajari lebih luas terkait Bar. Terlebih lagi Bar tersebut lebih besar.

Dengan waktu 1,5 tahun, Qway meraih posisi sebagai Bartender atas penilaian dari dua orang konsultan di Bar Besar. Banyak ilmu yang didapatkannya selama masa training di Bar Besar yang baru akan dibuka itu.

“Dua orang konsultan yang hadir dalam proses di dunia Bartender mulai dari setting bar, create menu, harga jual, eksekusi langsung, atau pun terkait disiplin waktu ya dua orang itu. Namanya Pak Rommy atau panggilan akrabnya Bang Rommy dan Bu Bona Trisna Albona atau biasa dipanggil Bu Bona oleh kawan-kawan di Bar,” ungkap Qway.

Dalam berproses, ia menyatakan bahwa dirinya tak pernah cepat puas terhadap satu hal, selalu berusaha untuk . Ia pun selalu berusaha untuk mengevaluasi kinerjanya kepada dua orang konsultan tersebut.

Didikan yang keras sudah diterima sehingga membentuk mental yang kuat dalam diri Qway.

Dari situlah Qway banyak menguasai ilmu-ilmu seperti memberikan pelayanan pada customer, dengan berbagai karakternya serta menghandle customer meski dalam keadaan ramai.

Hingga akhirnya di saat kondisi pandemi, Qway mendapat tawaran dari Reza Rahman selaku Operational Manager Bree Coffe & Kitchen, untuk memegang Bar dengan desain dan settingan yang dipercayakan kepada Qway.

Konsisten
, Wahyu Pratama atau dipanggil Qway. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bertemu dan dibekali pengetahuan dari orang-orang hebat yang berpengalaman di dunia Bar Besar, menjadi modal utama Qway dalam membangun Coffee Shop di .

“Kalau dibilang menantang ya menantang, karena dalam waktu lima bulan langsung setting dua bar Cafe dan Coffee Shop. Butuh waktu juga untuk adaptasi mengulas ilmu-ilmu yang dulu dipelajari di dunia Bar. Dan ternyata semuanya berguna dan sangat berasa sekarang. Apalagi ‘gemblengan' dari dua orang konsultan waktu di Bar,” kata Qway.

Terlepas dari gerak cepat Qway dalam 2 setting Bar Cafe dan CoffeeShop dalam kurun waktu 5 bulan. Ia berusaha yang terbaik memberikan pelayanan dari segi penyajian produknya.

“Bukan tempat saja yang enak dan nyaman, namun kualitas produk pun mesti enak saat dinikmati pengunjung. Apalagi dalam hal ini kopi. Maka, disini kita berusaha untuk tidak membuat jomplang diantara kedua itu. Tempat sudah nyaman, maka produk pun harus yang terbaik, dengan ciri khas karakter yang membedakan dari produk Coffee Shop lain,” papar Qway.

Terwujudnya cita-cita dari Qway untuk memiliki Bar yang sesuai dengan ekspetasinya, tak terlepas dari disiplin, dan mau belajar hal baru. Ia pun berharap bisa membuka cabang kedua, ketiga, dan seterusnya.

“Intinya, harus sabar dan jangan cepat puas sama apa yg sudah didapatkan. Learning by doing, tetap rendah hati dan jangan sombong,” pungkas Qway. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here