Friday, 26 April 2024
HomeBeritaRizal Ramli Ajak Prodem Lawan Sistem Otoriter dan KKN di Indonesia

Rizal Ramli Ajak Prodem Lawan Sistem Otoriter dan KKN di Indonesia

Bogordaily.net – Mantan Menteri Ekonomi (Menko) Dr meminta Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) melawan sistem dan .

Hal ini dikatakannya pada peresmian kantor baru Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) di Jalan Veteran I, Gambir, Jakarta Pusat, atau hanya sekitar 300 meter dari Istana Negara pada Minggu 6 Juni 2021.

Dalam acara peresmian ini, ekonom senior didaulat menjadi pembicara kunci. Dirinya mempersiapkan pidato berjudul “Demokrasi untuk Rakyat”.

Pada awal pidatonya, mengucapkan selamat kepada Ketua Prodem, Iwan Sumule atas peresmian kantor baru tersebut.

“Prodem memang hebat. Orang lagi pada tutup-tutup kantor, Prodem malah buka kantor. Tondo-tondo perubahan akan terjadi, apalagi jaraknya 300 an meter dari istana,” ujarnya.

Kemudian mantan menteri erekonomian tersebut menceritakan tentang kisah Prodem pada zaman Orde Baru.

“Zaman Orba Prodem lawan, berjuang, berkorban untuk menghapuskan sistem & KKN. Menang. Berhasil. Kita berhasil mengubah sistem menjadi demokratis dan KKN dikurangi,” ucap RR.

Tapi kemenangan tersebut, hanya bersifat sementara. Hal itu lantaran anasir-anasir otoriter dan koruptif kembali merebut kekuasaan. Mereka membalikkan tonggak-tonggak kemenangan.

“Mereka kembali membangun ulang sistem otoriter, sehingga indeks demokrasi Indonesia anjlok 30 tingkat. Membangun kembali labyrinth KKN dan menambahkan sistem dinasti. KKN semakin meluas dan brutal. Bahkan KPK dilumpuhkan,” ujarnya.

Karena itu RR melontarkan pertanyaan kepada para hadirin, khususnya kepada aktivis Prodem.

“Saya mau tanya sama Ketua dan kawan-kawan Prodem, apakah akan kita diamkan? Apakah wajib kita lawan sistim otoriter dan KKN? Apakah rakyat bersama kita? Apakah waktunya sudah tiba? Dan apakah yakin rakyat akan menang? Jika ya, mari sama-sama kita menyanyikan lagu ‘Halo-Halo Bandung, Mari Bung Kita rebut kembali !!!,” ujarnya.

menyebutkan bahwa situasi saat ini semakin sulit. Hal itu terjadi karena adanya adu-domba oleh pemimpin yang tidak memiliki satu dalam niat, kata dan tindakan.

“Apakah kita tega membiarkan bangsa kita terperosok semakin dalam?,” tanya .

Karena itu, RR meminta Presiden Jokowi agar dengan sukarela mengundurkan diri.

Selanjutnya, Presiden Jokowi diminta untuk menyerahkan kekuasaan kepada pemimpin tangguh, yang memiliki integritas dan kompetensi untuk mengeluarkan Indonesia dari krisis, sehingga Indonesia bisa bangkit dan maju.

mengatakan bahwa, demokrasi kriminal hari-hari ini telah merusak sendi-sendi demokrasi, tidak setia kepada rakyat dan tujuan kemerdekaan.

“Karena itu, kita akan ubah jadi demokrasi bersih dan amanah, baru demokrasi bekerja untuk keadilan dan kemakmuran rakyat, bukan untuk bandar dan oligarki,” ujarnya.

Dia mengatakan, tahun 2021 ini, Presiden Jokowi sudah ditinggalkan oleh rakyat dan partai-partai pendukungnya. Padahal masih 3 tahun lagi menuju pergantian pucuk pemerintahan, tahun 2024.

“Pasca Presiden, Jokowi akan power-less, almost nobody. Jika Jokowi ingin tetap punya pengaruh pasca-presiden, maka Jokowi sebaiknya mendukung penghapusan threshold menjadi 0%. Hanya dengan cara itu, Jokowi punya arti setelah berganti jadi Presiden. (Sekarang Presiden Jokowi) Tinggal pilih: punya arti atau tiada arti,” pungkasnya.Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here