Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaSejarah Singkat dan Makna Hari Lahir Pancasila

Sejarah Singkat dan Makna Hari Lahir Pancasila

Bogordaily.net – Setiap tanggal warga negara memperingati hari lahirnya Pancasila. Hari yang bersejarah bagi rakyat .

Kementerian Dalam Negeri RI meminta masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih pada Selasa , bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

” Swasta, perkantoran, semua masyarakat kami imbau untuk menaikkan bendera Merah-Putih satu tiang, sebagai wujud nasionalisme dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila,”

Demikian Kapuspen Kemendagri Benni Irwan, dalam keterangan tertulisnya. Senin 31 Mei 2021.

Sejarah hari lahir Pancasila dimulai dari kekalahan pada Perang Asia Timur Raya. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI), dibentuk untuk menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus juga menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan .

Secara garis besar BPUPKI dibentuk untuk mengadakan sidang yang membahas mengenai tema dasar negara, tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi in. Sekarang menjadi gedung Pancasila.

Pada tanggal 1945, Soekarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara , yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Setelah sidang berjalan hampir lima hari.

Tujuan dari lahirnya Pancasila itu sendiri agar dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan serta menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dan juga kewajiban.

Sementara itu, menurut Soekarno makna dari Pancasila itu merupakan jiwa . Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here